PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA TATARAN KELAS KATA PADA ANAK USIA EMPAT TAHUN

Authors

  • Saadatun Nahariyah State University of Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/basa.v2i2.18625

Abstract

Fokus kajian dari penelitian ini adalah pemerolehan Bahasa Indonesia subjek penelitian dengan memperhatikan produksi bahasa pada tataran kelas kata dari subjek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif karena bermaksud memahami fenomena tentang pengalaman subjek  penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lainnya dengan cara deskripsi berbentuk kata-kata pada suatu konteks khusus ataupun alamiah dengan metode alamiah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan cara transkripsi hasil rekaman, dan wawancara terhadap narasumber yang merupakan keluarga dari subjek. Wujud data berupa hasil transkripsi dan catatan tambahan. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan mencatat transkrip dan mencatat hasil pengamatan di lapangan, kemudian diberikan kode agar memudahkan pelacakan data, mengumpulkan dan mengklasifikasikan data, lalu menemukan pola dan hubungannya. Hasil penelitian menunjukkan dalam konteks bermain dan melakukan aktivitas sehari-hari di dalam rumah telah ditemukan lima jenis kelas kata yang telah diproduksi oleh subjek, yaitu verba, nomina, adjektiva, pronomina, dan numeralia. Produksi kelas kata yang banyak diproduksi adalah verba dan nomina, sedangkan kelas kata adjektiva, pronomina, dan numeralia masih sedikit diproduksi. Dengan dasar hasil pengamatan tersebut, subjek dapat digolongkan dalam anak yang mengalami keterlambatan berbicara, karena belum menguasai penyusunan kalimat menggunakan partikel dan konjungsi sebagai pelengkapnya.

Author Biography

Saadatun Nahariyah, State University of Malang

graduate student at the Indonesian Language Department, Faculty of Letter, State University of Malang

References

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Keti). Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 24–47.

Aryanto, D. E. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Somalia Umur 4 Tahun Terhadap Bahasa Kedua Dalam Lingkungan Masyarakat Ciputat Tangerang Selatan. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 97. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2970

Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language Two. Oxford University Press.

Krashen, S. (2009). Principles and Practice in Second Language Acquisition (First Internet Edition). University of Southern California.

Kridalaksana, H. (2007). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Leung, A. K. C., & Pion Kao, C. (1999). Evaluation and Management of the Child with Speech Delay. In Am Fam Physician (Vol. 59, Issue 11). https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/1999/0601/p3121.html?printable=afp

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Resnik, D. B. (2015, December 23). What is ethics in research & why is it important. Https://Www.Niehs.Nih.Gov/Research/Resources/Bioethics/Whatis/Index.Cfm?Links=falseWijaya.

Ryeo, P. J. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Indonesia) pada Anak Usia 2 Tahun. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 15–28.

Saville-Troike, M. (2012). Introducing Second Language Acquisition. In Introducing Second Language Acquisition. https://doi.org/10.1017/cbo9780511808838.002

Suaedi, H. (2016). Pemerolehan Bahasa Kedua Anak TK Negeri Pembina Usia 4 Tahun. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 62–72.

Sunderajan, T., & Kanhere, S. V. (2019). Speech and Language Delay in Children: Prevalence and Risk Factor. Journal of Family Medicine and Primary Care, 8(5), 1642–1646. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc

Tartila, A. (2020). Pengaruh Gawai Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun dengan Analisis Sintaksis. Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 49–55.

Usman, H. (2015). Studi Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun (Kajian Sintaksis). Jurnal Linguistik Terapan Politeknik Negeri Malang, 5(2), 16–27.

Downloads

Published

2022-10-30