EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HYBRID DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMAIT AL USWAH BANGIL
DOI:
https://doi.org/10.33474/basa.v2i2.18775Abstract
Abstrak: Beberapa siswa merasa menulis cerita pendek sulit dan membosankan. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah dengan menggunakan model pembelajaran hybrid. Ini adalah jenis pembelajaran yang menggabungkan berbagai metode untuk membantu mempelajari informasi baru. Pembelajaran hybrid adalah model pembelajaran yang menggabungkan sumber belajar tradisional tatap muka dan online. Hal ini memungkinkan untuk pengalaman belajar yang lebih cerdas bagi siswa dan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran hybrid dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAIT Al Uswah Bangil. Jenis penelitian ini menggunakan pra-eksperimenta dengan desain one group pretest-postest. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis data dengan menggunakan uji beda yaitu uji–t Paired sample test didapatkan bahwa nilai p value 0,000 < α 0,05 yang berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran hybrid terbukti efektif dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAIT Al Uswah Bangil.
Â
Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Hybrid, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek
References
Ahmadillah, A. N. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Hybrid Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi. 1–139.
Argiandini, S. R. (2019). Keterampilan Menulis Resensi. INA-Rxiv Papers.
Burhan Nurgiyantoro. (2007). PENILAIAN DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA. BPFE.
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Buana Pustaka.
Galle, J. (2013). How to Design and Teach a Hybrid Course. By Jay Caulfield. Sterling, Va.: Stylus Publishing, 2011. xii + 251 pages. ISBN 978-1-57922-423-3. $79.95. Teaching Theology & Religion, 16. https://doi.org/10.1111/teth.12067
Garrison, D. R. (2011). Blended Learning as a Transformative Design Approach. In Encyclopedia of Distance Learning, Second Edition. https://doi.org/10.4018/978-1-60566-198-8.ch028
Guntur Taringan, H. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV PUSTAKA SETIA.
Har, A. (2011). Yuk Menulis Diary, Puisi, dan Cerita Fiksi. Gmedia.
Mulyono, N., & Susilawati, L. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Hybrid Learning Pada Matakuliah Membaca Ii Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Ikip Budi Utomo Malang. Basastra, 9(3), 289. https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.20529
Rahmawati. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Hybrid terhadap INDONESIAN EDUCATIONAL STUDIES ( IJES ). Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 127–133. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1566007&val=4351&title=Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Hybrid terhadap Keterampilan Menulis Informasi Siswa
Saleem, A., & Ilyas, M. (2019). Goals of teaching literature: Literacy, liberalism and global citizenship. International Journal of English Language and Literature Studies, 8(2). https://doi.org/10.18488/journal.23.2019.82.78.86
Saparti, A. S. (2015). Keterampilan menulis cerpen pada siswa siswi kelas XI SMAIT Al Uswah Bangil sebelum model pembelajaran hybrid Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari 32 responden, sebagian besar keterampilan menulis cerpen sebelum penerapan model pembelajaran hybrid .
Sayuti, S. A. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Gama Media.
Sugiyono. (2015a). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.
Sugiyono. (2015b). Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2013. Eprints.Walisongo.Ac.Id.
Zhang, R. (2020). Exploring blended learning experiences through the community of inquiry framework. Language Learning and Technology, 24(1). https://doi.org/10.125/44707
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

BASA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://riset.unisma.ac.id/index.php/BASA/index