Analisis Perawatan Dan Penanganan Gangguan Pada Trafo Distribusi 20 KV Di PT. PLN (Persero) Lamongan Rayon Brondong Berbasis Tinjauan Power Quality

Authors

  • Zainal Abidin Prodi Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan
  • Ahmad Sakbi Mubarok Prodi Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v1i1.11227

Abstract

Metode perawatan serta penanganan gangguan pada trafo distribusi 20 kv di PT. PLN (persero) rayon Brondong  digunakan metode power quality atau kualitas daya yang mana dengan menggunakan alat ukur mega ohm meter (megger meter) dan untuk menjaga keandalan daya yaitu dengan menggunakan aplikasi ETAP 12.6.0 untuk mengukur frekwensi tegangan, kesetabilan tegangan, harmonisa tegangan, dan drop tegangan. hasil analisa dalam perawatan trafo distribusi 20 Kv di PT. PLN (persero) Rayon Brondong dengan pengukuran yang telah dianalisa tahanan isolasi dengan Mega Ohm Meter (megger tester) 500/1000 V hanya ada satu trafo yang kumparanya bocor yaitu pada trafo nomor 7 yang ada di tabel dalam 10 sample yang diambil. Dan mengukur keandalan daya dengan menentukan frekwensi sistem dengan menggunakan program ETAP 12.6.0, data kesetabilan tegangan hanya pada feeder Pambon dan Solokuro yang nilai Harmonisnya dan drop tegangan pada PLN Rayon Brondong masih memenuhi standart PLN kecuali feeder pambon dan solokuro. Pada penanganan gangguan dan kerusakan 20 Kv di PT. PLN (persero) Rayon Brondong telah memenuhi kualitas daya (power quality) karena pada penanganan gangguan telah memenuhi Standar Operasional Prosedur PLN. Dan saat kerusakan pada trafo, PT. PLN (persero) Rayon Brondong langsung mengganti dengan trafo yang baru atau diganti dengan trafo mobil (semi permanen) yang di datangkan langsung dari PT. PLN (Persero) distribusi jawa timur area Bojonegoro.

References

Ade Setiawan. 13 January 2011. distribusi frekwensi. Dunialistrik.blogspot.com.

Bachtiar yusuf effendi. Juni 2017. Analisis drop tegangan pada PT. PLN (persero) unit Brondong. Tugas akhir fakultas Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan.

Roy Hakim Peranginangin. 2009 studi analisis pengaruh harmonisa terhadaptransformator distribusi. Universitas Sumatra Utara.

Daman Suswanto. Analisis gangguan pada jaringan distribusi. Jurnal Sistem Distribusi Tenaga Listrik.

H. Sugiarto 2013. Kajian Harmonisa Arus Dan Tegangan Listrik di Gedung. Jurnal Penelitian.

Hadi, abdul. 1991. Sistem Distribusi Daya Listrik. Jakarta : Erlangga

Hanif Guntoro. 3 september 2010. Kualitas daya listrik (Power Quality). http://aimarbanget.blogspot.co.id/3/9/2010/power-quality.html.

Hanif Guntoro. 14 Januari 2009. Perawatan Dan Pemantauan Kondisi Transformator. Artikel blog dunia listrik.

Hanif guntoro. 18 september 2008. Keandalan dan kualitas listrik. Artikel blog dunia listrik.

Heryadik Simatupang. 2014. Pemeliharaan Transformator. Makalah Transformator. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negri Medan.

M. Hariansyah, Ir., M.T. 2010. Teknik Pemeliharaan Transformator Distribusi Pada Gardu Tiang Portal. jurnal. Dosen Tetap Fakultas Teknik UIKA Bogor.

Margiono Abdillah. 2010. fungsi mega ohm meter (megger). https://deltaenggineer.wordpress.com.

Rifqi Muhammad. 2010. Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Distribusi Tegangan Menengah 20 kV, Semarang.

Riqi Riyadi. 04 Desember 2013. Analisa Gangguan Gardu Trafo Tiang Pada PT. PLN (Persero) Area Ternate. Jurnal penelitian.

Yovi Muhammad casimy. Analisis kerusakan dan pemeliharaan Transformator di gardu induk pauh limo Padang. PLN (persero) Padang.

yusuf taufani. 2010. Cara Menggunakan Megger Untuk Mengukur Tahanan Isolasi Listrik. https://Detilkan.blogspot.com.

Downloads

Published

2021-06-18

Issue

Section

Articles