RANCANG BANGUN APLIKASI MANAJEMEN ORGANISASI MAHASISWA DENGAN METODE PROTOTYPING ( FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

Authors

  • Alvin Setiawan Teknik Elektro, Universitas Islam Malang, Kota Malang, Indonesia
  • Bambang Minto Teknik Elektro, Universitas Islam Malang, Kota Malang, Indonesia
  • Fawaidul Badri Teknik Elektro, Universitas Islam Malang, Kota Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v1i1.11237

Abstract

Manajemen organisasi mahasiswa sampai saat ini kurang efektif karena belum adanya suatu sistem informasi untuk manajemen organisasi mahasiswa yang terintegrasi secara menyeluruh oleh bagian kemahasiswaan yang ada di Universitas Islam Malang. Permasalahan dalam setiap organisasi untuk menunjang sistem informasi dan manajemen dari setiap organisasi mahasiswa seperti memanajemen departemen setiap organisasi seprti sekertaris, bendahara, sumberdaya mahasiswa, kerumahtanggaan, media dan informasi, di Universitas Islam Malang. Untuk menangani hal tersebut, diperlukan aplikasi manajemen organisasi, sehingga peneliti membuat rancangan program aplikasi manajemen organisasi berbasis android yang mudah dipakai oleh pengguna smartphone. Dalam penelitian ini menggunakan metode prototyping karena untuk memperkecil resiko rekayasa ulang proses bisnis. Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk lengkapnya. Dalam tahap penelitian ini yaitu dari penggalian kebutuhan, desain aplikasi, implementasi prototype, evaluasi aplikasi, desain final, implementasi hasil dan pengujian. Dalam tujuan penelitian ini yaitu membangun aplikasi manajemen organisasi untuk dapat mengetahui konsep dan pengujian aplikasi manajemen organisasi mahasiswa. Hasil dalam penelitian ini medapatkan pengujian di kategorikan sangat layak dengan presentase pengujian dengan pecobaan ke pengguna organisasi responden 10 anggota organisasi mendapatkan skor 210 sehingga menghasilkan dari perhitungan mendapatkan presentase kelayakan 84 % dan pengujian fitur mendapatkan skor 700 sehingga menghasilkan presentase kelayakan 100%.

References

Rifa’i dan Fadhli, Manajemen Organisasi, vol. 53, no. 9. 2013.

R. Bangun and A. Pembelajaran, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android,†J. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 907–920, 2014, doi: 10.26555/jifo.v8i2.a2057.

A. J. Oktasari and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Mahasiswa Berbasis Web,†J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 4, pp. 150–157, 2019.

E. Danu, R. R. Astanti, J. T. Informatika, U. C. Diagram, and A. Diagram, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Pada Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Pontianak,†pp. 234–245.

S. L. Apriliani, S. Esabella, M. Julkarnain, P. S. Informatika, F. Teknik, and U. T. Sumbawa, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Universitas Teknologi Sumbawa Berbasis Web,†J. Tek. Sains, vol. 1, no. 2, pp. 18–22, 2020.

S. Wulandari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Budgeting Ormawa Universitas Muhammadiyah Semarang Berbasis Web,†J. Unimus Media Elektr., vol. 13, no. 1, pp. 43–53, 2020.

F. Nugraha, M. Arifin, and A. Harjanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proposal Kemahasiswaan,†J. Sist. Inf. Manaj. Basis Data, vol. 03, no. 01, pp. 51–59, 2020.

J. Ario Yustin, H. sujaini, and M. Azhar Irwansyah, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 422–426, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/16354.

N. Sopiah, F. Ilmu, K. Universitas, and B. Darma, “Penggunaan metode analisis dan rancangan berorientasi objek pada web jurnal ilmiah terpadu,â€.

Downloads

Published

2021-06-19

Issue

Section

Articles