Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mencari Kecocokan Siswa Dalam Memilih Jurusan di Kampus Berbasis Web Dengan Metode (Simple Additive Weighting) Saw

Authors

  • Zarra Maziyyah
  • Bambang Minto Besuki Universitas Islam Malang
  • Anang Habibi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v2i1.14766

Abstract

Abstract

Wrong major is a term that is often heard among students. This terms appears along with the many students who admit that the college major they are choose is not accordance with themselves. Many factors cause students choose wrong major, including students who don’t know about their interest and talents, and minimum direction from experienced ones. The impact of this  phenomena is make students lose enthusiasm and are not enthusiastic about studying. This study examines how to determine college majors using the Simple Additive Weighting (SAW) method. This study7 requires some data including the value of high school subjects from semesters 1 to 5, and also multiple intelligence test scores. The data is then processed using the SAW method so as to produce 3 recommendations for suitable majors. The research method is quantitative because the data entered is in the form of numerical data. The results of testing inform that students who are suitable for their majors are 92,5%.

 

Abstraksi

Salah jurusan adalah istilah yang sering didengar di kalangan mahasiswa. Istilah ini muncul seiring banyaknya mahasiswa yang mengaku kalau jurusan kuliah yang dijalaninya tidak sesuai dengan dirinya. Banyak faktor yang mengakibatkan mahasiswa salah jurusan, diantaranya yaitu mahasiswa kurang mengetahui tentang minat dan bakatnya, serta kurang adanya pengarahan dari yang berpengalaman. Dampak dari salah jurusan diantaranya membuat mahasiswa hilang semangat dan tidak bergairah untuk menjalani perkuliahan. Penelitian ini mengkaji cara menentukan jurusan kuliah menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian ini membutuhkan beberapa data diantaranya adalah nilai mata pelajaran SMA dari semester 1 sampai 5, dan juga nilai tes kecerdasan majemuk. Data tersebut kemudian diolah menggunakan metode SAW sehingga menghasilkan 3 rekomendasi penjurusan yang cocok. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif karena di dalamnya data yang dimasukkan berupa data numerik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa mahasiswa yang cocok jurusannya sebesar 92,5%.

References

DAFTAR PUSTAKA

P.A.W. Ananta dan I.M.A. Wirawan. “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Kuliah di Perguruan Tinggi dengan Metode Dempster-Shafer (Studi Kasus di Bimbingan Konseling SMA N 1 Seririt)â€, KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, Bali (2018): 66-75.

] H. Prayitno dan E. Amti. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

R. Fitriawanti, I. Cholissodin dan R.K. Dewi. “Klasifikasi dan Rekomendasi Jurusan Kuliah Bagi Pelajar SMA Menggunakan Algoritme Naive BayesWPâ€, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Jawa Timur (2018): 4914-4922.

F.M.F. Syarief dan S. Suwandana. “Analisis dan Perancangan Decision Support System Menentukan Angkat Kredit dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada Leasing Oto Finance Batamâ€, JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, Batam (2018) .

A.A Wahyu. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Keahlian Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Porcess (Studi Kasus : Prodi PTI FT UNY)â€, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Yogyakarta (2014): 27-28.

Zahra, A. R. (2020, 12 29). Pejuang PTN, Ini Aturan Tentang SNMPTN 2021 Yang Harus Kamu Ketahui. From Pahamify: https://pahamify.com/blog/syarat-lulus-snmptn-2021-yang-harus-kamu-ketahui/#comments

Evi Dewi Sri Mulyani, C. R. (n.d.). Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan. CSRID Journal, Vol. 10 No. 2 Juni 2018, Hal. 80-92, 83.

Nugraha, I. C. (2016). SISTEM PAKAR TES MINAT DAN BAKAT JURUSAN. From https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/372/281

Downloads

Published

2022-05-22

Issue

Section

Articles