KEBINEKAAN BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG DI INDONESIA

Authors

  • Ahmad Subekti Ahwal Syakhsiyyah FAI UNISMA

DOI:

https://doi.org/10.33474/jas.v1i2.4910

Abstract

 

Munculnya istilah politik identitas ketika menjelang pelaksaaan pilkada serentak dan pemilu baru-baru ini di Indonesia, telah memantik kekhawatiran akan keutuhan bangsa Indonesia yang berbenika ini, terutama dalam kebinekaan beragama. Indonesia masih dalam tahap menumbuhkan kebinekaan yang sesungguhnya setelah begitu lama berbeda-beda tetapi tetap satu, dalam kondisi Orde Baru yang represif. Persoalan terbesar saat ini adalah apakah kita masih memiliki benih-benih toleransi dalam keberagaman kita ? Apakah keluarga demi keluarga, masing-masing umat beragama dan para pemimpin di aras lokal hingga tertinggi telah menerapkan toleransi beragama dalam keseharian ? di era milenial ini Indonesia membutuhkan ratusan juta benih unggulan toleransi dalam beragama guna menjadikan Indonesia sebagai rumah bersama yang nyaman untuk semua. Oleh karena itu merawat kebinekaan beragama adalah tugas kita dari komunitas masing-masing. Dan tulisan ini adalah salah satu sumbangsih kami demi menjaga keutuhan bangsa dan Negara Indonesia yang tercinta.

References

Akhamd Sahal dan Munawir Aziz (Ed), (2015), Islam Nusantara, dari Uskul Fiqh Hingga Paham Kebangsaan, PT. Mizan Pustaka, Bandung.

Loudy Fatoohi, (2013), The mystery of Historical Jesus, Sang Mesias menurut Al Qur’an, Alkitab, dan Sumber-Sumber Sejarah, PT. Mizam Pustaka, Bandung.

Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama Republik Indonesia, (2014), Kitab Suci Agama Khonghucu Si Shu, PT. Sumber Agung Mitra Sejati, Jakarta.

Said Agil Husin Al Munawar, Prof, Dr. H. MA., (2003), Fikih Hubungan Antar Agama, Ciputat Press, Jakarta.

T.D. Singh, Ph.D, (2009) Seri Vedanta & Sains, Realitas Keberadaan Tuhan, PT. Temprina Media Grafika, Bali.

Wawan Gunawan Abd. Wahid, dkk. (Ed) (2015), Fikih Kebinekaan Pandangan Islam Indonesia Tentang Umat, Kewargaan dan Kepemimpinan Non Muslim, PT. Mizan Pustaka, Bandung.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Subekti, A. (2019). KEBINEKAAN BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS), 1(2), 19–35. https://doi.org/10.33474/jas.v1i2.4910