STARTUP LAWANG EKSPOR SEBAGAI PINTU UTAMA UMKM PERIKANAN PASURUAN GOES TO EKSPOR

Authors

  • Solikhatin Solikhatin Universitas Yudharta Pasuruan
  • Roisatul Ainiyah Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jase.v3i2.16534

Keywords:

studi independen, startup, UMKM, ekspor

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengganggu stabilitas perekonomian nasional. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan meningkatkan ekspor. Kegiatan ekspor tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar saja, melainkan juga para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menegah). Untuk meningkatkan ekspor, kementerian perdagangan bekerjasama dengan sekolah ekspor berusaha mencetak eksportir baru, salah satunya bermitra dengan program kampus merdeka melalui program studi independen bersertifikat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan startup ekspor melalui program studi independen bersertifikat. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan metode kualitatif. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terbentuknya startup ekspor yang bernama Lawang Ekspor. Lawang ekspor merupakan komunitas yang bekerja dengan konsep menjadi fasilitator ekspor bagi UMKM perikanan di Pasuruan. Untuk menunjang kegiatan ekspor, maka Lawang Ekspor bekerja sama dengan UMKM melakukan pengembangan produk berupa abon lele yang diproduksi oleh UMKM Fresh. Setelah produk siap kemudian dilakukan onboarding di marketplace dan pameran dagang dalam skala nasional dan internasional.

References

Aditya, Hendra Permana., Herpandi, Susi Lestari. 2016. Karakteristik Fisik, Kimia dan Sensoris Abon Ikan dari Berbagai Ikan Ekonomis Rendah. Fishtec - Jurnal Teknologi Hasil Perikanan Vol. 5, No.1: 61-72, Mei 2016.

Dermawan, R. (2021). Perdagangan Internasional di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan, 16 (02). ISSN 2086-7565.

Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research Volume 2 Nomor 2, Desember 2019.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Produk Jaminan Halal (PJH).

Joewono, H. (2020). The 5n1 Arrows of Omni Channel EXPORT Cara Mudah Ekspor. Jakarta: PT. Arrbey International.

Kementerian Perdagangan RI. (2021). Siaran Pers. Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Perdagangan RI, (online)https://www.kemendag.go.id/storage/article_uploads/e3rLdEPvDEuAGN5OUMBmQLO4cqgYwSJfkPzLq9AE.pdf.

Kurniawan, A., Budimawan, R. D. (2014). Arahan Pengembangan Sentra Pengolahan dan Pemasaran Ikan di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. J. Sains & Teknologi, 14 (1).

Pradana, D., Syarifah H., Rahmawati. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja–Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 14 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445.

Rasbin. (2019). Strategi Meningkatkan Ekspor Produk-Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia: Studi Kasus di Kabupaten Sleman dan Kota Surabaya. Jurnal Kajian, 24 (3). DOI: https://doi.org/10.22212/kajian.v24i3.1865.

Sastryawanto, H. (2016). Penyusunan Rencana Aksi Pertumbuhan dan Penguatan UMKM Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 16 (2). DOI: http://dx.doi.org/10.30742/jisa.v16i2.375.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia, Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1).

Suratman, D.J. (2021). Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan di Masa Pandemi Covid-19. Direktorat Logistik Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan 2021.

Syafrida. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Adil–Jurnal Hukum, 7 (2). DOI: https://doi.org/10.33476/ajl.v7i2.353.

Thomas, J. F. (2016). Analisa Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Association dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Terhadap Customer Loyalty Pada PT Telkom Indihome Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3 (1).

Tim Microcredential. (2021). Panduan Singkat Magang dan Studi Independen Bersitifikat untuk Mahasiswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8 (2).

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Solikhatin, S., & Ainiyah, R. (2022). STARTUP LAWANG EKSPOR SEBAGAI PINTU UTAMA UMKM PERIKANAN PASURUAN GOES TO EKSPOR. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 3(2), 39–46. https://doi.org/10.33474/jase.v3i2.16534