Transformation of vape in social space: From medical technology to mode (A study on social construction of technology perspective)
Main Article Content
Abstract
Article Details
Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP) dengan nomor registrasi ISSN 2656-1565 (cetak) 2656-8209 (online) yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi sebagai berikut:
Â
Hak cipta:
- Hak Cipta pada setiap naskah adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP) berhak sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP).
Lisensi:
- Atribusi: Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Berbagi Serupa: Apabila Anda menggubah atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada batasan tambahan: Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Anda bebas untuk:
- Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Beradaptasi mengubah dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Â
Â
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
References
Arifuddin, M. R., & Irwansyah. (2019). Dari foto dan video ke toko: Perkembangan instagram dalam perspektif konstruksi sosial. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(1), 37–55. https://doi.org/10.31002/jkkm.v3i1.1256
Ayers, J. W., Leas, E. C., Allem, J.-P., Benton, A., Dredze, M., Althouse, B. M., Cruz, T. B., & Unger, J. B. (2017). Why do people use electronic nicotine delivery systems (electronic cigarettes)? A content analysis of Twitter, 2012-2015. PLoS ONE, 12(3), e0170702. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0170702
Brueck, H. (2019). The wild history of vaping, from a 1927 “electric vaporizer†to today’s mysterious lung injury crisis. Insider.Com. https://www.insider.com/history-of-vaping-who-invented-e-cigs-2019-10
Dwianto, A. R. (2019). Jalan Panjang Vape, Lahir di 1930-an Hingga Kini Jadi Kontroversi. DetikHealth. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4801168/jalan-panjang-vape-lahir-di-1930-an-hingga-kini-jadi-kontroversi
Electronic Cigarette Association. (2009). The Facts About Electronic Cigarettes. Electronic Cigarette Association (ECA). www.ecassoc.org
Gilson, L. L., & Goldberg, C. B. (2015). Editors ’ Comment : So , What Is a Conceptual Paper ? SAGE Journals, 40(2), 127–130. https://doi.org/10.1177/1059601115576425
Gotts, J. E., Jordt, S., Mcconnell, R., & Tarran, R. (2019). What are the respiratory effects of e-cigarettes ? BMJ, 1–16. https://doi.org/10.1136/bmj.l5275
Hague, P., Harrison, M., Cupman, J., & Truman, O. (2016). Market Research in Practice: An Introduction to Gaining Greater Market Insight (3rd ed.). Kogan Page Limited.
Hirschheim, R. (2008). Some Guidelines for the Critical Reviewing of Conceptual Papers. Journal of the Association for Information Systems, 9(8), 432–441. https://doi.org/10.17705/1jais.00167
Hutapea, D. S. M., & Fasya, T. K. (2021). Rokok Elektrik (Vape) Sebagai Gaya Hidup Perokok Masa Kini Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 2(1), 92–108. https://doi.org/10.29103/jspm.v2i1.3696
Jaakkola, E. (2020). Designing conceptual articles: four approaches. AMS Review, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.1007/S13162-020-00161-0/TABLES/2
Jarmul, S., Aherrera, A., Rule, A. M., Olmedo, P., Chen, R., & Navas-acien, A. (2017). Lost in E-Cigarette Clouds : A Culture on the Rise. Am J Public Health, 107(2), 265–266. https://doi.org/10.2105/AJPH.2016.303463
Jerzyński, T., Stimson, G. V., Shapiro, H., & Król, G. (2021). Estimation of the global number of e-cigarette users in 2020. Harm Reduction Journal, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12954-021-00556-7
Kim, H., Davis, A. H., Dohack, J. L., & Clark, P. I. (2017). E-Cigarettes Use Behavior and Experience of Adults: Qualitative Research Findings to Inform E-Cigarette Use Measure Development. Nicotine & Tobacco Research : Official Journal of the Society for Research on Nicotine and Tobacco, 19(2), 190–196. https://doi.org/10.1093/ntr/ntw175
Lawson, C. (2008). An Ontology of Technology: Artefacts, Relations and Functions. Techné: Research in Philosophy and Technology, 12(1), 48–64. https://doi.org/10.5840/techne200812114
Lyu, J. C., Luli, G. K., & Ling, P. M. (2021). Vaping discussion in the COVID-19 pandemic: An observational study using Twitter data. PLoS ONE, 16(12 December), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0260290
McCausland, K., Jancey, J., Leaver, T., Wolf, K., Freeman, B., & Maycock, B. (2020). Motivations for use, identity and the vaper subculture: a qualitative study of the experiences of Western Australian vapers. BMC Public Health, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12889-020-09651-z
McLuhan, M. (2013). The Medium is the Message. In Understanding Media The extensions of man (1st ed., pp. 7–23). Ginko Press Inc. https://doi.org/10.1504/IJGENVI.2008.019367
Mixdam, C. B. S., Slamet, Y., & Supriyadi. (2020). Social Construction and The Meaning of The Use of Electric Cigarettes in Female Electric Cigarette Users. International Journal of Education and Social Science Research, 3(2), 71–82. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2020.3028
Neuman, W. L. (2007). Basics of Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (J. Lasser (ed.); 2nd ed.). Pearson Education Inc.
Paramita, F. B. A. C. (2021). Changes in culture and matchmaking behavior: online dating on Tinder. Indonesian Journal of Social Sciences, 13(1), 33–45. https://doi.org/10.20473/ijss.v13i1.26353
Peia, M. (2010). Integrating the Old with the New : Understanding the Social Construction of Cell Phone Technology. 2009-2010 Penn Humanities Forum on Connections, 1–58. http://repository.upenn.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1014&context=uhf_2010
Pinch, T. J., & Bijker, W. E. (1984). The Social Construction of Facts and Artefacts: or How the Sociology of Science and the Sociology of Technology might Benefit Each Other. Social Studies of Science, 14(3), 399–441. https://doi.org/10.1177/030631284014003004
Putra, D. A. (2021). Jumlah Pengguna 2,2 Juta Orang, Potensi Ekonomi Rokok Elektrik Kian Menjanjikan? Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4463075/jumlah-pengguna-22-juta-orang-potensi-ekonomi-rokok-elektrik-kian-menjanjikan
Santana, I., Zuryani, N., & Kamajaya, G. (2018). Konstruksi Sosial Rokok Elektrik (Vape) Sebagai Substitusi Rokok Tembakau bagi Perokok Aktif di Kota Denpasar. Jurnal Lmiah Sosiologi: SOROT, 1(1). https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/37702
Sari, D. K. (2015). Penggunaan Media Sosial di Indonesia dalam Perspektif Social Construction of Technology. In I. P. Hadi (Ed.), Information and Communication Technology, dan Literasi Media Digital (pp. 3–22). ASPIKOM.
Steinert, S. (2016). Taking Stock of Extension Theory of Technology. Philosophy & Technology, 29(1), 61–78. https://doi.org/10.1007/S13347-014-0186-3
U.S. Department Of Health And Human Services. (2016). E-Cigarette Use Among Youth and Young Adults: A Report of the Surgeon General. https://www.cdc.gov/tobacco/data_statistics/sgr/e-cigarettes/index.htm#:~:text=E-Cigarette Use Among Youth and Young Adults%3A A Report,the Surgeon General on tobacco.
VanderStoep, S. W., & Johnson, D. D. (2009). Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches (1st ed.).
Yousefikhah, S. (2017). Sociology of innovation: Social construction of technology perspective. AD-Minister, 31–43. https://doi.org/10.17230/AD-MINISTER.30.2
Zhu, S. H., Sun, J. Y., Bonnevie, E., Cummins, S. E., Gamst, A., Yin, L., & Lee, M. (2014). Four hundred and sixty brands of e-cigarettes and counting: Implications for product regulation. Tobacco Control, 23(suppl 3), iii3–iii9. https://doi.org/10.1136/tobaccocontrol-2014-051670