Analisis Kebutuhan Diklat Pegawai Negeri Sipil Berbasis Kesenjangan Kerja Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto

Rispa Ngindana, Romy Hermawan

Abstract


Tuntutan akan produktifitas organisasi semakin tinggi baik profit maupun non-profit secara otomatis harus mampu mengadapi komplekitas lingkungan. Demikian halnya organisasi pemerintah baik di pusat maupun di daerah, kinerjanya dituntut untuk selalu dapat melayani masyarakat beserta segala komplekitas kebutuhannya sebagai koteks lingkungannya. Kinerja organisasi dapat dikatakan sebagai akumulasi dari kinerja individu-individu yang bekerja sama di dalamnya. Begitu pula dengan kinerja organisasi pemerintahan yang tidak bisa lepas dari kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai individu-individu di dalamnya. Kondisi tersebut menunjukan bahwa kompetensi PNS di Indonesia menjadi masalah yang perlu mendapatkan perhatian serius. Salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam mengatasi permasalahan kompetensi PNS yakni melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tentang adanya kebutuhan dalam hal peningkatan kinerja maupun kompetensi PNS di Lingkungan Pemerintah, menentukan kebutuhan Diklat PNS, menentukan jenis Diklat yang dapat memenuhi kebutuhan Diklat PNS di Lingkungan Pemerintah. Peneliti melakukan wawancara, survey dan observasi terhadap Pegawai Aperatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota Mojokerto. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui bahwa Setiap Unit Kerja memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan tugas dan fungsinya. Pada level jabatan struktural juga memeiliki kebutuhan diklat yang dapat diusulkan secara individu sesuai pangkat dan jabatan.

Keywords


analisis kebutuhan, diklat, kesenjangan kerja

Full Text:

PDF

References


Adiputra, Pradana. 2011. Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Pemeriksa Pajak Pada Kantor Pelayanan pajak Pratama di Badung Selatan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Arep, H. I dan Tanjung. 2002. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Universitas Trisakti.

Barthos, Basir. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Brown, Judith. 2002. Training Needs Assessment: A Must for Developing an Effective Training Program. Public Personal Manaement. 31 (04). p.569-578.

Dessler, G. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Indeks

Emmyah. 2009. Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Politeknik Negeri Ujung Pandang. Program Magister Ilmu Administrasi. Makassar: STIA LAN.

Hafid, Firdaus. 2015. Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Diakses Online dalam http://makassar.lan.go.id/index.php/survei/publikasi/artikel/269-pengembangan-kompetensi-pegawai-negeri-sipil-melalui-pendidikan-dan-pelatihan. Pada 5 Februari 2016.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Hardjana, A. M. 2001. Training Sumberdaya Manusia yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius.

Hartawan, Tony. 2012. Menteri Azwar: Indonesia Krisis PNS yang Kompeten. Diakses onlinedalam http://nasional.tempo.co/read/news/2012/02/29/173387194/menteri-azwar-indonesia-krisis-pns-yang-kompeten. Pada 5 Februari 2016

Hasibuan, H.S. Peningkatan Kompetensi PNS Melalui Diklat Administrasi Perkantoran.

Hasibuan, Malayu. S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Helena AK, Marly. 2009. Hubungan Pendidikan dan Pelatihan dengan Kompetasi Pegawai Negeri Sipil di Bidang Pelayanan Publik (Studi pada Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Tahun V Tahun 2008 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Tesis. Medan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Universitas Sumatera Utara.

Mangkunegara, A. P. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Notoatmodjo, S. 2003. Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Panggabean, S. M. 2004. Manajemen Sumberdaya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prayoga, Ricky. 2015. Pakar: Permasalahan PNS adalah Kompetensi. Diakses online dalam http://www.antaranews.com/berita/494973/pakar-permasalahan-pns-adalah-kompetensi. Pada 5 Februari 2016.

Rachmawati, I. K. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi

Rivai, E. dan Sagala, J. E. 2009. Manajemen Sumberdaya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Simamora, H. 1997. Manajemen Sumberdaya Manusia. Edisi KEdua. Cetakan PErtama. STIE YPKN.

Sofiyandi, H. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwatno dan Rasto. 2003. Manajemen Perusahaan Suatu Pendekatan Operatif dan Sistem Informasi. Bandung: UPI.

Tunggal, Amin Widjaja. 1993. Manajemen: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP) terindeks oleh:

                              

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.