Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance

Authors

  • Nur Aini Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2671

Keywords:

evaluasi kinerja, pelayanan publik, good governance

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai evaluasi (penilaian) kinerja pegawai yang berkerja pada institusi pemerintah, pada dasarnya institusi pemerintah memiliki tujuan yaitu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, selain memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat institusi pemerintah juga ingin mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Dengan mengimplementasikan pelayanan yang mudah, cepat, bebas pungli. Adapun Tujuan untuk mengetahui evaluasi kinerja pegawai untuk mewujudkan pelayanan publik dalam perspektif Good Governance. dan faktor pendukung, penghambat dalam pelaksanaan evaluasi kinerja pegawai untuk mewujudkan pelayanan publik dalam perspektif Good Governance. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis deskriptif, penelitian ini juga diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan diperkuat dengan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan yaitu, analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen sial dan terakhir analisis tema budaya. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan kepada masyarakat cukup baik, walaupun ada hal-hal yang perlu diperbaiki, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal ke pada masyarakat. dan juga untuk meningkatkan pelayanan Kantor Kelurahan Tlogomas Kota Malang mengadopsi sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sistem ini merupakan sistem dimana masyarakat hanya menemui satu loker pelayanan yang akan melayani segala urusan administrasi masyarakat. Adapun faktor pendukung pelaksanaan evaluasi Di kelurahan Tlogomas Kota Malang adanya regulasi/peraturan yang digunakan sebagai acuan dalam pengevaluasian, sarana pasarannya yang nyaman bagi pegawai kantor kelurahan, kedisiplinan pegawai yang datang sesuai jam kerja dan didukung dengan absen sidik jari sehingga kedisiplinan pegawai sangat menunjang proses pelayanan. Faktor penghambat nya ialah rasa sungkan (ketidak enakan) dalam pemberian penilaian kepada setiap pegawai dikarenakan suasana yang dibangun merupakan suasana kekeluargaan. Kesimpulannya bahwa pelayanan di kantor Kelurahan Tlogomas sudah cukup baik. Adapun saran yang dapat diberikan penulis dapat memberikan pelayanan yang maksimal, profesional, memiliki motivasi yang kuat dalam memberikan pelayanan, memberikan pendapat dan menyuarakan pendapat memiliki rasa tanggung jawab yang besar sehingga dalam pengevaluasian tercipta lah perubahan-perubahan yang akan meningkatkan kualitas kinerja setiap pegawai.

References

Buku

Dunn N. William, 2000. Pengantar analisis kebijakan publik, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hayat, 2017. Manajemen pelayanan publik, malang : Rajawali Pers

Hardiyansyah, 2012. Sistem administrasi dan manajemen sumber daya manusia sektor publik dalam perspektif otonomi daerah. Yogyakarta: Gava Media.

Moleong, J. lexy. 2006. Metodelogy Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Moekijat, Drs. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Mandar Maju.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Evaluasi kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Muhammad, fadel. 2008. Reinventing local Government. Jakarta: Gremedia.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi administrasi publik reformasi birokrasi dan ke pimpinan masa depan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Santosa. Pandji. 2008. Administrasi publik teori dan aplikasi good governance. Bandung : Refika Aditama.

Jurnal

Ayu Amira Rosyada. 2016. Analisis penerapan prinsip good governance dalam rangka pelayanan publik di badan pelayanan perizinan terpadu satu pintu di kota Samarinda, ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id

Agnes Rimbawan (2012)“penerapan good governance di dinas pekerjaan umum kabupaten pandeglang†Banten FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. http://repository.fisip-untirta.ac.id

Abdul halik. 2014. Kajian pengembangan kebijakan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) melalui perspektif indikator kinerja (IKU). JBP (jurnal bina praja)

https://doi.org/10.21787/jbp.06.2014.41-50

Gita, Ones. 2015 Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id

Ita nurul khotimah. 2015. Penerapan disiplin kinerja pegawai dalam rangka meningkatkan mutu kinerja pegawai negeri sipil. Jurnal publik of administration. Vol-VI No.01.2015

Indra setiawan (2016) “penerapan prinsip-prinsip Good governance terhadap efektifitas kerja pegawai Bimamarga dan pematusan†Surabaya : STESIA, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.http://ejournal.stiesia.ac.id.

Muhammad Syarifah Arifin (2012) “Efektifitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang†Makassar : FISIP, Universitas Hasanuddin. repository.unhas.ac.id

Maya Rahmadhani R. 2016. Evaluasi kinerja pelayanan aparatur kelurahan way dadi baru pasca pemekaran wilayah kelurahan di kota bandar lampung. digilib.unila.ac.id.SKRIPSI

Dokumen

UU. No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dalam pasal 1 ayat (1)

UU No. 5 Tahun 2015 tentang Aparatur sipil Negara (ASN)

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (KEPMENPAN) No. 63/KEP/M.PAN/7/2003

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 7 Tahun 2005 Tentang Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional Tahun 2004-2009

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1979 Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil

Perundang-Undangan No.23 Tahun 2014 Tentang Peraturan Daerah

Permandagri No 24 Tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Downloads

Published

2019-04-06

How to Cite

Aini, N. (2019). Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 1(1), 43–57. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2671