Penguatan Kapasitas Budaya Andeb Ashor Dan Patronisasi Masyarakat Madura

Authors

  • Laili Amalia Universitas Madura
  • Hayat Hayat Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2686

Keywords:

penguatan kapasitas, budaya, andeb ashor, patron, madura

Abstract

Kecepatan teknologi dan informasi serta globalisasi yang semakin instan memberikan konskuensi nyata dalam kehidupan masyarakat kini. Rasa individualisme terus bergerak menuju struktur sosial masyarakat indonesia yang disertai oleh jarak yang didekatkan oleh teknologi tetapi dijauhkan oleh rasa ukhuwah islamiyah yang semakin terkikis. Patronisasi sudah bergeser, dari panutan terhadap orang-orang yang berilmu, sholeh dan dekat dengan Tuhannya, beralih kepada kekuatan teknologi sebagai alat komunikasi dan menyelesaikan persoalan hidup. Tak terkecuali, masyarakat Madura yang dikenal sebagai masyarakat santri, meneguhkan nilai andeb ashor dalam kehidupan keluarga maupun sosial kemasyarakatan. penuh ketawadduan terhadap nilai-nilai patronisasi kepada kiai, ulama dan orang alim, menjunjung tinggi nilai-nilai sosial kemasyarakat, kegotongroyongan, musyawarah mufakat sebagai pengambilan keputusan dalam struktur sosial masyarakat Madura, serta kehidupannya yang memegang teguh pada prinsip-prinsip kebersamaan dan kemandirian sosial.

References

Latif, Yudi. 2016. Yang Laju dan Yang Layu: Membumikan Agama dalam Krisis Ruang Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wiyata, A. Latief. 2016. Manusia Madura: Pandangan Hidup, Perilaku, dan Etos Kerja. http://www.lontarmadura.com/manusia-madura-pandangan-hidup-perilaku-etos-kerja/. Diakses tanggal 30 Desember 2016.

Chalik, Abdul. 2011. Kiai dan Kekuasaan Sosial dalam Masyarakat Madura. http://www.lontarmadura.com/kiai-dan-kekuasaan-sosial-dalam-masyarakat-madura/. Diakses tanggal 5 Januari 2016.

Latif, Yudi. 2014. Mata Air Keteladanan: Pancasila dalam Perbuatan. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2019-04-06

How to Cite

Amalia, L., & Hayat, H. (2019). Penguatan Kapasitas Budaya Andeb Ashor Dan Patronisasi Masyarakat Madura. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 1(1), 38–42. https://doi.org/10.33474/jisop.v1i1.2686