Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Media Online

Authors

  • Imam Safi’i Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Daffa Aulia Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Haidir Ali Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Farih Tsabitah Imtinan Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Santia Fitrotun Nisak Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Anggita Wilda Pangestu Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Lailatul Mufidayatus Sholikah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Yunara Maufiroh Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10533

Keywords:

perekonomian, UMKM, media online

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemic Covid-19 pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pemanfaatan media online pada warga Dusun Krajan, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Perekonomian warga tersebut menurun akibat adanya pandemic covid-19. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahn tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode partisipatif. Metode partisipatif adalah metode pendampingan yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat atau kelompok mitra dalam menyelesaikan permasalahannya. Pihak yang terkait dalam kegitan ini adalah masyarakat Dusun Krajan, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Bentuk kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah melakukan survey, melakukan penyuluhan, melakukan praktik dan evaluasi. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memasarkan produk UMKM Yogurt Dworowati melalui media online yaitu WhatsApp. Hasil dari kegiatan ini adalah pemilik UMKM Yogurt Dworowati memperoleh penghasilan yang lebih banyak dari biasanya yang dapat digunakan untuk menunjang kembali perekonomiannya.

References

Desiani, A., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209–219. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

Livana, Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 bagi Perekonomian Masyarakat Desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-4905-7214

Masruroh, & Hayati, N. (2021). Media poster sebagai sarana edukasi masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 169–176. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9207

Nurlinda, & Sinuraya, J. (2020). Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Literatur. Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 160–175.

Purwanto, A. (2021). Ekonomi Dunia di Massa Pandemi Covid-19: Dari Dampak Hingga Proyeksi Pertumbuhan 2021-2022. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-dunia-di-masa-pandemi-covid-19-dari-dampak-hingga-proyeksi-pertumbuhan-2021-2022

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. K-Media.

Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya di Kota Malang dan Konsep Strategis Dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58–71. https://doi.org/10.24843/JIWSP.2020.v02.i02.p01

Downloads

Published

2021-09-14

How to Cite

Safi’i, I., Aulia, M. D., Ali, M. H., Imtinan, F. T., Nisak, S. F., Pangestu, A. W., Sholikah, L. M., & Maufiroh, Y. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Media Online. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(2), 101–105. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10533