Program “Home Visit” Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Authors

  • Dwi Fitri Wiyono Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Nazili Masruri Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10637

Keywords:

home visit, semangat belajar

Abstract

Desa Jenggolo yang mayoritas siswa siswi sendiri sangat membutuhkan pendidikan di masa covid, berbagai kesulitan yag dihadapi seperti sulitnya menerima materi, terlalu susah materi yang didapatkan, sehingga membuat siswa di desa jenggolo merasa malas untuk melaksanakan pembelajaran Daring. Dampak dari kemalasan siswa siswi di Desa jenggolo yang merasa malas dengan pembelajaran Daring adalah terlalu meganggap pendidikan adalah hal biasa. Berangkat dari asumsi-asumsi di atas dapat diatasi dengan salah satu metode yang dipandang cukup efektif yaitu metode layanan home visit dalam meningkatkan minat belajar maupun santri. Penelitian dilaksanakan secara langsung pada tanggal 1 Februari 2021 – 28 Februari 2021 di Jl Kalinyamat, Rt 03 Rw 03 Desa Jenggolo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan mahasiswa yaitu dengan melakukan sosialisasi. memantapkan kemampuan pengabdian kepada masyarakat melalui metodologi ilmiah sehingga relevan dan berperan dalam menunjang keberhasilanPendidikan di Indonesia melalui kegiatan Home Visit yang dijadikan salah satu Program Unggulan Mahasiswa KSM Universitas Islam Malang. Meskipun adanya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan penggunaan masker setiap melaksanakan keluar dan kegiatan diluar rumah.

References

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Evaluasi, 2(1), 294–310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Febriana, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 151–161. https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1678

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Heriyawati, D. F., Sulistyo, T., & Sholeh, A. (2014). the Implementation of Content-Based Approach in Improving Academic Writing Skills of Efl Students. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 9(2), 136–144. https://doi.org/10.18860/ling.v9i2.2735

Nasor, M. (2014). Teknik Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Siswa. Ijtimaiyya, 7(2), 67–86. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v7i2.928

Nazir, M., & Sikmumbang, R. (2009). Metode Penelitian (R. Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Puspitasari, N. A., & Hidayatullah, S. (2020). Peningkatan wawasan penerapan model pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) bagi guru MTs dan MA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 128–135. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6131

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zakaria, Z., Setyosari, P., Sulton, & Kuswandi, D. (2019). The effect of art-based learning to improve teaching effectiveness in pre-service teachers. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 531–545. https://doi.org/10.17478/jegys.606963

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Wiyono, D. F., & Masruri, N. (2021). Program “Home Visit” Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 51–56. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10637