Peningkatan Potensi Kewirausahaan Produk Lokal melalui Pemasaran Digital

Authors

  • Dwi Fitri Wiyono Universitas Islam Malang
  • Ayu Rahmatillah Universitas Islam Malang
  • Najma Laily Izzati Universitas Islam Malang
  • Lufian Nirawati Universitas Islam Malang
  • Dini Muazaroh Universitas Islam Malang
  • Roudhotul Fauziya Universitas Islam Malang
  • Gilang Al Baihaqi Universitas Islam Malang
  • Mohammad Fuad Barakwan Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.10639

Keywords:

desa andonosari, media sosial, pemasaran digital, wirausaha

Abstract

Desa Andonosari merupakan salah satu dusun yang terdapat di Kecamatan Tutur. Masyarakat Desa Andonosari memiliki mata pencaharian yang hampir merata di sektor wirausaha, pertanian, perkebunan, dan pertenakan. Adapun  sebagian produk-produk yang dihasilkan meliputi makanan ringan dan minuman, yakni Sari buah apel, kripik apel susu dan sayur-sayuran. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat yang berwirausaha berupa kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta akses untuk mempromosikan produk–produk tersebut menggunakan media sosial sehingga mengakibatkan penjualan yang dilakukan kurang maksimal dan penghasilan masyarakat tidak berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah setempat dapat meningkatkan potensi wirausaha masyarakat Desa Andonosari melalui kebijakan mikro dan budaya, penyediaan fasilitas, memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat. Pemerintah juga perlu memberikan perhatian kepada para wirausahawan agar dapat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran sehingga dapat mengekspansi pasar lebih luas yang pada akhirnya akan  membantu perekonomian  masyarakat Desa Andonosari.

References

Suryana . (2003). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.

El Hasanah, Lak Lak N . (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda . 4(2). 268-280.

Harfandi. (2014). Menggali Potensi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa PTAIN di Sumatera Barat . Jurnal Al -‘ Adl 7(2). 125-144.

Imsar. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan.Tansiq . 1(2). 45-66.

Rachmawati, Fitri. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Pahlawan Ekonomi Surabaya . Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Rumijati, Aniek. (2010). Pengaruh Bakat Potensi Kewirausahaan dan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa . Ekonomika -Bisnis. 1(2). 187-200.

Suryani, Ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Social Media Marketing PadaTwitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat) . Jurnal Komunikasi . 8(2). 123-138.

Wardhana, Aditya. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. 327 -337. 17 April 2015: Seminar Forum Keuangan dan Bisnis IV.

Wiyono, D. (2017). Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 164-179. https://doi.org/10.31538/ndh.v2i3.180

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Wiyono, D. F., Rahmatillah, A., Izzati, N. L., Nirawati, L., Muazaroh, D., Fauziya, R., Baihaqi, G. A., & Barakwan, M. F. (2023). Peningkatan Potensi Kewirausahaan Produk Lokal melalui Pemasaran Digital. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(3), 205–208. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.10639