Peningkatan Potensi Kewirausahaan Produk Lokal melalui Pemasaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.10639Keywords:
desa andonosari, media sosial, pemasaran digital, wirausahaAbstract
Desa Andonosari merupakan salah satu dusun yang terdapat di Kecamatan Tutur. Masyarakat Desa Andonosari memiliki mata pencaharian yang hampir merata di sektor wirausaha, pertanian, perkebunan, dan pertenakan. Adapun sebagian produk-produk yang dihasilkan meliputi makanan ringan dan minuman, yakni Sari buah apel, kripik apel susu dan sayur-sayuran. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat yang berwirausaha berupa kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta akses untuk mempromosikan produk–produk tersebut menggunakan media sosial sehingga mengakibatkan penjualan yang dilakukan kurang maksimal dan penghasilan masyarakat tidak berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah setempat dapat meningkatkan potensi wirausaha masyarakat Desa Andonosari melalui kebijakan mikro dan budaya, penyediaan fasilitas, memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat. Pemerintah juga perlu memberikan perhatian kepada para wirausahawan agar dapat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran sehingga dapat mengekspansi pasar lebih luas yang pada akhirnya akan membantu perekonomian masyarakat Desa Andonosari.
References
Suryana . (2003). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.
El Hasanah, Lak Lak N . (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda . 4(2). 268-280.
Harfandi. (2014). Menggali Potensi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa PTAIN di Sumatera Barat . Jurnal Al -‘ Adl 7(2). 125-144.
Imsar. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan.Tansiq . 1(2). 45-66.
Rachmawati, Fitri. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Pahlawan Ekonomi Surabaya . Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Rumijati, Aniek. (2010). Pengaruh Bakat Potensi Kewirausahaan dan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa . Ekonomika -Bisnis. 1(2). 187-200.
Suryani, Ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Social Media Marketing PadaTwitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat) . Jurnal Komunikasi . 8(2). 123-138.
Wardhana, Aditya. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. 327 -337. 17 April 2015: Seminar Forum Keuangan dan Bisnis IV.
Wiyono, D. (2017). Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 164-179. https://doi.org/10.31538/ndh.v2i3.180
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.