Poster Edukasi dan Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di Taman Pendidikan Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10657Keywords:
sosialisasi, poster edukasi, pendampingan pembelajaranAbstract
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan melakukan sosialisasi melalui poster edukasi. Perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting pada era new normal. Pada kenyataanya, masih banyak yang belum mengetahui pentingnya pola hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu dilakukannya program KSM-Tematik Unisma sosialisasi dan edukasi tentang perilaku pola hidup bersih dan sehat di TPQ Salafiyah desa Klampok. Tujuannya agar masyarakat khususnya anak-anak mengerti dan paham akan pentingnya menjaga kesehatan sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Selain itu adanya kegiatan pendampingan pembelajaran Al-Qur’an yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar serta memahami dan menerapkan kaidah ilmu Tajwid sehingga dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Program kegiatan ini dilaksanakan 1 bulan penuh meliputi observasi, analisis masalah, pembuatan sarana yang dibutuhkan untuk sosialisasi. Adapun teknis pelaksanaanya dengan partisipasi langsung ke lembaga TPQ dengan sambutuan yang ramah antusias dan semangat sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Hasil dari kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KSM Unisma menjadikan para santri lebih memahami dan mengerti kaidah tajwid dalam membaca Al-Qur’an.
References
Dinasari, I., Saroh, S., & Sumartono. (2018). Pemanfaatan Potensi Lokal Lembaga Pendidikan Madrasah Sebagai Pembelajaran Usaha Produktif. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(1), 39–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i1.1478
Dzurrahmi, B. D. N., Asniwati, A., Azmi, A., Sarmadiyanti, B. N. A., Lestari, H. F., Ayunah, S. A., Ridwan, M. H., & Zubair, M. (2021). Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Desa Wisata Hijau Bilebante dalam Kelompok Belajar “Bale Cerdas.†Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 2–7. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.606
Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di Pkbm Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915
Indrawatiningsih, N., & Mutmainah. (2020). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Masyarakat Buta Huruf Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Pacinan RT01/RW01 Desa Sedarum Kec. Nguling Kab. Pasuruan. Jurnal Abdimas, 24(1), 7–11. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/26225
Kusnadi, D., Fattah, N., Husaini, A., & Ruhenda, R. (2018). Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348
Mustamin, Habiballah, A. I., & Alex, A. (2020). Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di TPQ dan Bimbingan Belajar Tingkat SD/MI di Sidodadi. JUMAT Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1(1), 13–15. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1060
Puspitasari, N. A., & Hidayatullah, S. (2020). Peningkatan wawasan penerapan model pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) bagi guru MTs dan MA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 128–135. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6131
Safi, I., Candra, A. I., Widodo, S. R., Santoso, A., Heryanto, B., Winarti, E., & Rahmadi, A. N. (2021). Pembuatan masker dan bilik disinfektan sebagai upaya membantu masyarakat terdampak covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 36–45. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7524
Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Jurnal Cakrawala, 17(2), 207–215. https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2612
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.