Poster Edukasi dan Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di Taman Pendidikan Al-Qur’an

Authors

  • Eko Setiawan Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Lia Miftakhul Jannah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Sofiatul Mukaromah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Devi Pujiyanti Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Anissa Zelitha Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10657

Keywords:

sosialisasi, poster edukasi, pendampingan pembelajaran

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan melakukan sosialisasi melalui poster edukasi. Perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting pada era new normal. Pada kenyataanya, masih banyak yang belum mengetahui pentingnya pola hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu dilakukannya program KSM-Tematik Unisma sosialisasi dan edukasi tentang perilaku pola hidup bersih dan sehat di TPQ Salafiyah desa Klampok. Tujuannya agar masyarakat khususnya anak-anak mengerti dan paham akan pentingnya menjaga kesehatan sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Selain itu adanya kegiatan pendampingan pembelajaran Al-Qur’an yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar serta memahami dan menerapkan kaidah ilmu Tajwid sehingga dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Program kegiatan ini dilaksanakan 1 bulan penuh meliputi observasi, analisis masalah, pembuatan sarana yang dibutuhkan untuk sosialisasi. Adapun teknis pelaksanaanya dengan partisipasi langsung ke lembaga TPQ dengan sambutuan yang ramah antusias dan semangat sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Hasil dari kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KSM Unisma menjadikan para santri lebih memahami dan mengerti kaidah tajwid dalam membaca Al-Qur’an.

References

Dinasari, I., Saroh, S., & Sumartono. (2018). Pemanfaatan Potensi Lokal Lembaga Pendidikan Madrasah Sebagai Pembelajaran Usaha Produktif. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(1), 39–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i1.1478

Dzurrahmi, B. D. N., Asniwati, A., Azmi, A., Sarmadiyanti, B. N. A., Lestari, H. F., Ayunah, S. A., Ridwan, M. H., & Zubair, M. (2021). Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Desa Wisata Hijau Bilebante dalam Kelompok Belajar “Bale Cerdas.†Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 2–7. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.606

Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di Pkbm Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915

Indrawatiningsih, N., & Mutmainah. (2020). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Masyarakat Buta Huruf Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Pacinan RT01/RW01 Desa Sedarum Kec. Nguling Kab. Pasuruan. Jurnal Abdimas, 24(1), 7–11. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/26225

Kusnadi, D., Fattah, N., Husaini, A., & Ruhenda, R. (2018). Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348

Mustamin, Habiballah, A. I., & Alex, A. (2020). Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di TPQ dan Bimbingan Belajar Tingkat SD/MI di Sidodadi. JUMAT Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1(1), 13–15. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1060

Puspitasari, N. A., & Hidayatullah, S. (2020). Peningkatan wawasan penerapan model pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) bagi guru MTs dan MA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 128–135. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6131

Safi, I., Candra, A. I., Widodo, S. R., Santoso, A., Heryanto, B., Winarti, E., & Rahmadi, A. N. (2021). Pembuatan masker dan bilik disinfektan sebagai upaya membantu masyarakat terdampak covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 36–45. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7524

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Jurnal Cakrawala, 17(2), 207–215. https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2612

Downloads

Published

2021-09-14

How to Cite

Setiawan, E., Jannah, L. M., Rahmawati, R., Mukaromah, S., Pujiyanti, D., & Zelitha, A. (2021). Poster Edukasi dan Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(2), 111–117. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10657