Inovasi Media Pembelajaran Nadzom di Taman Pendidikan Al-Qur’an

Authors

  • Mohammad Rifqi Junaidi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Linda Rahayu Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Siti Mukaromah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Fitroh Nur Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Alifah Nurul Irfani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Anisa Faizzatul Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Anis Nahdiyah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Mohammad Muhtadi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Yazid Muzaqi Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Muslih Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang
  • Syamsud Dhuha Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10686

Keywords:

inovasi, metode pembelajaran, al-qur'an

Abstract

Taman Pendidikan al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan dasar informal yang menyelenggarakan pembelajaran Al-Qur’an bagi anak. Peran TPQ sangatlah penting jika dihadapkan dengan kewajiban sebagai orang tua dan masyarakat muslim yang harus mengupayakan pendidikan bagi anak-anaknya untuk mempelajari dan mencintai al-Qur’an sejak dini.  Sebagaimana pendidikan formal yang dikelola dengan sangat baik dengan memperhatikan manajemen, strategi, model, dan media pembelajaran sesuai standar, TPQ pun harus dilaksanakan dengan perencanaan yang sangat baik. Hal ini untuk menjamin kualitas input yang diberikan akan sebanding dengan baiknya output yang dihasilkan. Melihat dari bebagai permasalahan yang ada di TPQ nurul Muttaqin khususnya dalam metode pembelajaran al qur'an yang cenderung monoton maka ksm unisma ditirejo berinovasi menggunakan metode yang asik dan menarik untuk para santri agar tidak bosan. Kemudian kita menggunakan media serta model pembelajaran al-qur'an yang menarik. Model pembelajaran yang kami gunakan yaitu nadzoman di mana nadzhaman yang berupa syi’ir yang dibalut dengan lagu-lagu Islami.

References

Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Child Education Journal (CEJ), 2(1), 34–47. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1520

Amran. (2015). Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Satuan Pendidikan. MAPEN Jurnal Manajer Pendidikan, 9(2), 185–196. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1113

Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran†Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763

Dinasari, I., Saroh, S., & Sumartono. (2018). Pemanfaatan Potensi Lokal Lembaga Pendidikan Madrasah Sebagai Pembelajaran Usaha Produktif. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(1), 39–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i1.1478

Jayanti, J. (2018). Peran TPQ Dalam Meningkatan Kualitas Kemampuan Baca Al-Quran Pada Anak di TPQ Ar-Rahman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Latuconsina, H., Nazilatul Ula, N. S., Choirunnisa, S. M., Kurniawati, F. M., Nuresa, R., Zuhri, A. S., Umbu Nay, S. I., Arifin, S., Rumkel, R. H., Masykuri, A. A., & Muzayid, A. (2020). Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 59–72. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548

Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404. https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.60

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Junaidi, M. R., Rahayu, L., Mukaromah, S., Nur, F., Irfani, A. N., Faizzatul, A., Nahdiyah, A., Muhtadi, M., Muzaqi, M. Y., Muslih, M., & Dhuha, S. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Nadzom di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 57–62. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10686