Layanan Pendampingan Belajar dan English Club pada Masa Covid-19 untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ifit Novita Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Erico Dwi Novienda Putra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Nadiyatus Sabila Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Hamid Hamid Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.11428

Keywords:

pendampingan belajar, english club, dusun Santrean

Abstract

Pada masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekolah yang mengharuskan peserta didiknya belajar dari rumah dengan cara daring. Seperti halnya anak-anak di Dusun Santrean, setiap harinya, peserta didik diberikan materi dan tugas baru oleh guru mereka guna menjaga proses berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, diperlukan pendampingan belajar yang lebih intensif selain belajar di rumah secara mandiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu anak-anak yang kesulitan ketika tengah mengerjakan tugas. Kegiatan tambahan berupa mengajarkan berbahasa inggris dengan tema yang sudah disesuaikan dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini dimaksudkan untuk memberi bekal bagi anak-anak yang akan membawa manfaat bagi mereka di masa yang akan datang. Kegiatan ini sangat didukung oleh orang tua siswa, karena ada yang mendampingi putra putrinya belajar selain dengan orang tua mereka.

References

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Digital Bagi Guru SMA di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 146–153. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6697

Harnani, S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Kemenag.Go.Id.

Hasanah, U. dkk. (2020). GAMBARAN PSIKOLOGIS MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa. FIKKes Universitas Muhammadiyah Semarang Bekerjasama Dengan PPNI Jawa Tengah, 8(3), 299–306.

Sari, I. N. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Jaringan (daring) di Masa Pandemi Covid-19. In Belajar dari Covid-19 : Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

World Health Organization (WHO). (2020). Transmisi SARS-CoV-2: implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi (pp. 1–10).

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Sari, I. N., Putra, E. D. N., Sabila, N., & Hamid, H. (2021). Layanan Pendampingan Belajar dan English Club pada Masa Covid-19 untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 85–89. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.11428