Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Marketplace

Authors

  • Dewi Diah Fakhriyyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Arista Fauzi Kartika Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Lucky Ayu Damayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Mardhani Susilawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13197

Keywords:

pandemi covid-19, UMKM, marketplace, pangsa pasar, marketing

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak di berbagai aspek, salah satunya yaitu aspek ekonomi. Menjadi suatu tantangan baru, khususnya bagi para pelaku UMKM agar bisa mempertahankan ekonomi di tengah pandemi saat ini. Tidak sedikit UMKM yang menjadi pasif bahkan terpaksa terhenti akibat terdampak pandemi Covid-19. Keputusan pemerintah dalam memberlakukan pembatasan kegiatan secara tidak langsung menyebabkan daya beli konsumen melemah, sehingga itu juga berdampak pada turunnya tingkat penjualan produk-produk UMKM, belum lagi jika mereka (pelaku UMKM) harus menghadapi persaingan pasar. Selain itu, yang menjadi kendala adalah tidak semua pelaku UMKM melek teknologi, sedangkan di masa pandemi seperti saat ini semuanya dijangkau serba online, khususnya para konsumen lebih memilih membeli kebutuhan mereka secara online. Maka dari itu, kami mencoba untuk membantu salah satu UMKM di Desa Sumbersekar, Kec. Dau, Kab. Malang, Jawa Timur, yaitu UMKM yang memproduksi telur asin dalam upaya meningkatkan penjualan dengan memperluas pangsa pasar melalui pemanfaatan marketplace. Pada tahap pertama, kami melakukan sosialisasi atau pengenalan terkait berbagai macam platform (marketplace) terkini beserta masing-masing keunggulannya. Pada tahap kedua, kami membantu pelaku UMKM dalam pembuatan akun merchant pada marketplace dan akun media sosial terkini yang dapat menunjang perluasan pangsa pasar serta memudahkan pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya. Pada tahap ketiga, kami menjelaskan kepada pelaku UMKM tentang bagaimana cara mengelola akun marketplace dengan baik, serta pentingnya melakukan promosi atau iklan secara berkala guna meningkatkan engagement rate. Harapan kami, setelah melakukan berbagai tahapan di atas dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualannya, serta mempertahankan usahanya di tengah pandemi covid-19.

References

Agus D., Fadhilla A., Asfarina Z., Hesthi S. (2021). Memanfaatkan Marketplace sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualan di Tengah Pandemi Covid-19. Scientific Journal of Reflection, 4(3), 503-504. https://www.ojspustek.org/index.php/SJR/article/view/329

Aliyani Firdaus, S., Fadilah Ilham, I., Putri Aqidah, L., Aliyani Firdaus, S. ., Agung Dwi Astuti, S., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62

Cahya, A. D. ., Aqdella, F. A. ., Jannah, A. Z. ., & Setyawati, H. . (2021). MEMANFAATKAN MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503-510. Retrieved from https://ojspustek.org/index.php/SJR/article/view/329

Ismail, Ibnu. (2020). “Engagement Rate adalah : Pengertian, Faktor, dan Cara Mengukurnyaâ€. Accurate. Diakses 30 Agustus 2021 pada https://accurate.id/marketing-manajemen/engagement-rate-adalah/#:~:text=Engagement%20rate%20adalah%20sebuah%20sebutuan,dalam%20suatu%20akun%20media%20sosial.

Marlinah, Lili. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-119. https://doi.org/10.37721/je.v22i2.644

Nuraida W., Mutaqin, AIS., Gunawan, A. (2018). Pengenalan dan Pemanfaatan E-Commerce untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1), 3.

Purwanto, Antonius. (2021). “Ekonomi Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 : Potret dan Strategi Pemulihan 2020-2021â€. Berita 27 Januari 2021. Kompaspedia. Diakses 25 Agustus 2021 pada https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-covid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021

Prihatiningtias, Y. W., Prabandari, S. P., Cahaya, D. N., Kusumadewi, A. W., Anggraeni, O. L., Nisa, K., Rizkiyah, A., & Arasy, F. H. (2021). Peningkatan pengetahuan aspek perpajakan pengelolaan produk pada kelompok UMKM dan kualitas Info Artikel Abstrak yang menyebabkan jatuhnya perekonomian nasional. Banyak usaha-usaha Mikro , Kecil , dan Menengah ( UMKM ) dapat bertahan dan menjadi pemulih. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 78–89. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8674

Smeru. (2021). “Ringkasan Eksekutif : Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesiaâ€. Berita Maret 2021. Smeru. Diakses 25 Agustus 2021 pada https://smeru.or.id/id/content/ringkasan-eksekutif-dampak-sosial-ekonomi-covid-19-terhadap-rumah-tangga-dan-rekomendasi

Soetjipto, Noer. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Yogyakarta : K-Media.

Sudaryono, S., Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid-19 sebagai Entrepreneur Modern dan Pengaruhnya terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(2), 115. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Fakhriyyah, D. D., Sari, A. F. K., Damayanti, L. A., & Susilawati, M. (2021). Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Marketplace. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 180–187. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13197