Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Penerapan Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial di Era Covid-19

Authors

  • Dewi Diah Fakhriyyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Sholihatun Sholihatun Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Zulfa Afifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13210

Keywords:

pupuk organik, mikro organisme, UMKM, sosial media marketing

Abstract

Pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga merupakan upaya pemanfaata pengurangan limbah yang dijadikan kompos untuk menjaga kelestarian lingkungan, sekaligus untuk mengurangi biaya pengeluaran. Desa sumbersekar RT.04 terdapat UMKM florist dan tanaman hidropnik, karena warga masih memiliki pengetahuan yang rendah tentang pengolaan limbah yang menghasilkan produk yang bernilai, untuk. Itu Kami melakukan sosialisasi tentang pembuatan pupuk organik untuk membuat pupuk cair dari limbah domestik.. Penggunaan pupuk organic cair ini dalam jangka panjang dapat mengurangi limbah rumah tangga dan meningkatkan kesuburan tanaman masyarakat serta mengurangi pengeluaran pembelian pupuk. Pupuk organik yang sudah jadi bisa dijual untuk menambah pendapatan dan juga dapat digunakan sendiri untuk menyuburkan produk tanamannya pada pelaku UMKM Florist. Permasalahan mitra adalah belum memahami pembuatan pupuk organik cair dan masih awam dalam pembuatan social media marketing untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, kami melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pemahaman pupuk organic cair dan mempraktekkannya langsung serta sosialisasi pemanfaatan berbagai social media untuk pemasaran, tak lupa kami juga sosialisasikan membuat iklan yang menarik. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat pada pelaku UMKM Florist untuk mengurangi pengeluaran pupuk dan menambah pemasukan melalui pemanfaatan social media.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Fakhriyyah, D. D., Sholihatun, S., & Afifah, Z. (2021). Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Penerapan Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial di Era Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 337–342. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13210