Platfrorm Aexi.id untuk Ekspor Produk UMKM “Kayu Elit” guna Menunjang Ekonomi Kreatif

Authors

  • Ratna Tri Hardaningtyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Kevin Awaldza Ardhianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Avid Styagung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13227

Keywords:

UMKM, kayu elit, ekspor, Aexi.id

Abstract

Kerajinan dari bahan baku kayu bisa dijadikan sebagai nilai untuk menghasilkan profit yang besar dalam hal lain kayu tersebut dijadikan kerjinan atau industri rumah tangga. Kerajianan tersebut berasal dari desa pandansari bisa juga dibuat oleh-oleh pernikahan dan merupakan salah satu aset sentra UMKM dari desa pandansari yang secara harfiah membangkitkan ekonomi kreatif juga yang biasanya digunakan pada acara suku tengger adat lainnya. Desa Pandansari merupakan salah satu desa sebagai penghasil kerajinan di Kabupaten Malang. Selama masa pandemi Covid-19, industri handycraft “kayu elit†di Desa Pandansari mengalami penurunan pemesanan sehingga kehilangan omzet sampai 50% dari biasanya. Hal ini didukung dengan minimnya pengetahuan masyarakat pandansari mengenai strategi pemasaran dan teknologi dalam memasarkan produk. Untuk itu diperlukan pelatihan pengelolaan marketplace Aexi.id bagi pengrajin “kayu elit†dan masyarakat Desa Pandasari melalui program tim pengabdian KSM Tematik Universitas Islam Malang. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan pemanfaatan marketplace berbasis teknologi fokus pada pasar global. Aexi.id untuk pemasaran “Kayu Elit†handycraft agar pemasaran “Kayu Elit†handycraft dapat mencakup pasar yang lebih luas dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Metode yang digunakan adalah metode ceramah diantaranya pengumpulan data melalui wawancara, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Analisis penelitian menggunakan analisis SWOT untuk memberikan gambaran secara umum atas pelaksanaan pelatihan marketplace Aexi.id. Setelah dilaksanakannya pelatihan terlihat dari hasil pre-test dan post-test yang telah dilakukan bahwa masyarakat Desa Pandansari mampu memahami materi dan mengaplikasikannya secara langsung menggunakan aplikasi Aexi.id, serta dapat diterapkan dalam skala berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan penjualan “Kayu Elit†handycraft selama masa pandemi.

Author Biography

Ratna Tri Hardaningtyas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

Economy and Business Faculty

References

BPS Desa pandansari. (2020). Kecamatan Poncokusumo Dalam Angka 2021.

Desiani, A., Yahdin, S., Irmeilyana, I., & Rodiah, D. (2020). Inovasi digitalisasi promosi potensi dan produk usaha masyarakat desa berbasis website di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan. Riau Journal of Empowerment, 3(1), 49–59. https://doi.org/10.31258/raje.3.1.49-5

Hadi, A. S., Khairi, A., (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1),127 – 132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246

Hidayat, K. (2020). BPS: Penjualan di marketplace meningkat pada masa pandemi corona. In Kontan.

Nurzanah, I., Sosianika, A., & Kunci, K. (2018). Promosi Penjualan dan Minat Beli: Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model di E- Marketplace Aexi.id Indonesia. 706–714

Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2019). Optimasi E- Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UKM Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 35.

Prayogo, F., Nurdian Y (2020). Resureksi Bawang Goreng produk Unggulan Sumberdadap Tulungagung di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmiah pengabdhi. Vol.6 No.2. https://doi.org/10.21107/pengabdhi.v6i2.8278

Sulistiyawati, E.S., Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif. http://dx.doi/org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Desiani, A., et all. (2020). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). LPPM Unisma. http://dx.doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.92222

Yustian, R,. Yunanto, R. (2017) Peran Marketplace sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 6 (2): 43 -48. DOI :10.34010/komputa.v6i2.2476

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Hardaningtyas, R. T., Ardhianto, K. A., & Styagung, A. (2021). Platfrorm Aexi.id untuk Ekspor Produk UMKM “Kayu Elit” guna Menunjang Ekonomi Kreatif. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 255–263. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13227