Edukasi Pentingnya Pembukuan bagi Para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Authors

  • Eny Zuhrotin Nasyi'ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Ellyn Agna Safitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13365

Keywords:

pembukuan, edukasi, UMKM, desa gili ketapang

Abstract

Desa Gili Ketapang merupakan salah satu pulau yang berada di Kabupaten Probolinggo. Dalam program KSM-Tematik (Kandidat Sarjana Mengabdi), yang kami pilih adalah 1 mitra usaha olahan makanan. Setelah melakukan survey terhadap mitra UMKM, tim pengabdian masyarakat menemukan beberapa permasalahan, di antaranya : rendahnya tingkat penegetahuan mitra usaha terhadap tata cara pembukuan yang benar dan sesuai dengan prinsip akuntansi, teknik pemasaran secara online, dan kemasana produk yang menarik. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pendampingan UMKM kepada mitra. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat skema KSM (Kandidat Sarjana Mengabdi) ini, antara lain: 1) Sosialisasi dan edukasi tentang  dasar-dasar pembukuan, menghitung  harga pokok produksi  sebelum menentukan harga jual dan cara menghitung laba yang tepat dan 4) pendampingan tentang teknik packing product modern dan pemasaran dengan media digital marketing. Kami menyimpulkan bahwa UMKM selama ini tidak melakukan pembukan, oleh karenanya kedepannya UMKM harus melakukan  agar terbiasa dan mempunyai laporan keuangan

References

Ediraras, D. (2010). Akuntansi dan Kinerja UKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15(2), 152–158. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/331

Ilsan, M., Salim, M., & Husain, T. K. (2020). Pelatihan teknik menyusun laporan keuangan untuk umkm agribisnis. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 102–110. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.5993

Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019). Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pamulang. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 1(2), 67–80. https://doi.org/10.24853/baskara.1.2.67-80

Puspitaningtyas, Z. (2017). Pembudayaan Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi, 21(3), 361–372. https://doi.org/10.24912/ja.v21i3.242

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2019). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Satit, R. P., Huam, H. T., Tat, A. T., & Rasli, A. (2012). The Relationship Between Marketing Mix And Customer Decision-Making Over Travel Agents : An Empirical Study. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(6), 522.

Zhafira, N. H., Andreti, J., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers’ Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult in Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72–78. https://www.managementjournal.info/index.php/IJAME/article/view/332

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Nasyi'ah, E. Z., & Safitri, E. A. (2021). Edukasi Pentingnya Pembukuan bagi Para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 216–220. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13365