Strategi Pemasaran melalui Media Online pada Produk Usaha Rumahan Banana Chips
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13369Keywords:
pemasaran, media online, banana chipAbstract
Desa Bandungrejo sebagai sentra daerah penghasil pisang dan memiliki potensi nilai ekonomi bagi masyarakat. Disetiap pekarangan rumah milik warga memiliki tanaman pohon pisang,namun komoditi pisang disini kurang mendapat perhatian sehingga komoditi pisang bukan menjadi sumber penghasilan utama bagi setiap keluarga karena harga jual yang masih rendah. Sehingga perlakuan untuk buah pisang hanya sebatas dikonsumsi untuk keluarga seperti di goreng dan dikukus. Belum ada yang mengambil kesempatan untuk berinovasi mengolah buah pisang menjadi nilai jual. Dalam upaya untuk menumbuhkan motivasi dan kemampuan para ibu rumah tangga itu, diperlukan penyuluhan dan pelatihan yang dapat menggerakkan para ibu untuk menemukan, mengembangkan dan meningkatkan potensi dirinya. Dengan adanya kesadaran dan motivasi tersebut, diharapkan para ibu dapat bertindak lebih jauh dan turut andil dalam menyelesaikan persoalan perekonomian keluarga. Dalam hal ini, potensi diri memiliki pengertian yang umumnya relatif dapat dipahami dengan mudah.References
Daniells, J. W., Jenny, C., Karamura, D. A., & Tomekpe, K. (2001). Musalogue: A catalogue of Musa germplasm. Diversity in the genus Musa. INIBAP.
Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat (T. S. Razak (ed.); 1st ed.). De La Macca.
Hatneny, A. I., Mahardani, A. S., & Saraswati, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pada UKM Depo Air Minum Tirta Barokah Dan Bakso Tuna Cintaku. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 54–62. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1604
Karamina, H., Supriyadi, S., Firman Yasin, D. D., Yusi Kamhar, M., & Kusuma Astuti, F. (2020). Pemanfaatan dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menuju Keluarga Sehat Pada Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 120–127. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6416
Kotler, P., & Keller, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks.
Kurnianingsih, R., Astuti, S. P., & Ghazali, M. (2018). Karakterisasi Morfologi Tanaman Pisang di Daerah Lombok. Jurnal Biologi Tropis, 18(2), 235–240. https://doi.org/10.29303/jbt.v18i2.790
Rifliyah, K. (2019). Pengelompokan Genom Kulvitar Pisang Berdasarkan Karakter Morfologi dan Marka Molekuler ISSR (Inter-Simple Sequence Repeat). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sugiri, L. (2012). Peranan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat. Publica, 2(1), 56–65. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/publica/article/view/404
Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2011). PENGEMBANGAN MANAJEMEN USAHA KECIL (Studi diskriptif pada Kegiatan Usaha Kecil Ibu-ibu Desa Wirolegi Kabupaten Jember, Dampingan Pusat Studi Wanita UM Jember). Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 101–111. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/411
Wiyono, S. (2006). Manajemen Potensi Diri (Revisi, Ce). Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.