Strategi Pemasaran melalui Media Online pada Produk Usaha Rumahan Banana Chips

Authors

  • Sunawan Sunawan Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Eeb Saifullah Fatah Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Mirna Febi Alfisyah Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Rabiatul Arabiah Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Sadiyatul Islami Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Salsabila Nurul Izha Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Novia Putri Dewi Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Siti Nurhalimah Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Navis Febiansyah Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Taufik Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Rudi Efendi Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Husna Mahendra Putra Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13369

Keywords:

pemasaran, media online, banana chip

Abstract

Desa Bandungrejo sebagai sentra daerah penghasil pisang dan memiliki potensi nilai ekonomi bagi masyarakat. Disetiap pekarangan rumah milik warga memiliki tanaman pohon pisang,namun komoditi pisang disini kurang mendapat perhatian sehingga komoditi pisang bukan menjadi sumber penghasilan utama bagi setiap keluarga karena harga jual yang masih rendah. Sehingga perlakuan untuk buah pisang hanya sebatas dikonsumsi untuk keluarga seperti di goreng dan dikukus. Belum ada yang mengambil kesempatan untuk berinovasi mengolah  buah pisang menjadi nilai jual. Dalam upaya untuk menumbuhkan motivasi dan kemampuan para ibu rumah tangga itu, diperlukan penyuluhan dan pelatihan yang dapat menggerakkan para ibu untuk menemukan, mengembangkan dan meningkatkan potensi dirinya. Dengan adanya kesadaran dan motivasi tersebut, diharapkan para ibu dapat bertindak lebih jauh dan turut andil dalam menyelesaikan persoalan perekonomian keluarga. Dalam hal ini, potensi diri memiliki pengertian yang umumnya relatif dapat dipahami dengan mudah.

References

Daniells, J. W., Jenny, C., Karamura, D. A., & Tomekpe, K. (2001). Musalogue: A catalogue of Musa germplasm. Diversity in the genus Musa. INIBAP.

Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat (T. S. Razak (ed.); 1st ed.). De La Macca.

Hatneny, A. I., Mahardani, A. S., & Saraswati, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pada UKM Depo Air Minum Tirta Barokah Dan Bakso Tuna Cintaku. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 54–62. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1604

Karamina, H., Supriyadi, S., Firman Yasin, D. D., Yusi Kamhar, M., & Kusuma Astuti, F. (2020). Pemanfaatan dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menuju Keluarga Sehat Pada Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 120–127. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6416

Kotler, P., & Keller, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks.

Kurnianingsih, R., Astuti, S. P., & Ghazali, M. (2018). Karakterisasi Morfologi Tanaman Pisang di Daerah Lombok. Jurnal Biologi Tropis, 18(2), 235–240. https://doi.org/10.29303/jbt.v18i2.790

Rifliyah, K. (2019). Pengelompokan Genom Kulvitar Pisang Berdasarkan Karakter Morfologi dan Marka Molekuler ISSR (Inter-Simple Sequence Repeat). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sugiri, L. (2012). Peranan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat. Publica, 2(1), 56–65. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/publica/article/view/404

Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2011). PENGEMBANGAN MANAJEMEN USAHA KECIL (Studi diskriptif pada Kegiatan Usaha Kecil Ibu-ibu Desa Wirolegi Kabupaten Jember, Dampingan Pusat Studi Wanita UM Jember). Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 101–111. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/411

Wiyono, S. (2006). Manajemen Potensi Diri (Revisi, Ce). Grasindo.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Sunawan, S., Fatah, E. S., Alfisyah, M. F., Arabiah, R., Islami, S., Izha, S. N., Dewi, N. P., Nurhalimah, S., Febiansyah, N., Taufik, M., Efendi, R., & Putra, H. M. (2021). Strategi Pemasaran melalui Media Online pada Produk Usaha Rumahan Banana Chips. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 188–193. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13369