Pengadaan Sari Lemon untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Ratna Tri Hardaningtyas, Alfi Nur Rohmaniya, Dwi Ihsani Mahendra Putra, Evi Nur Fauziah, Fitri Dwi Nur Khasanah, Ragil Fananda Sofyan

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang saat ini sedang dilanda suatu wabah berupa virus yang berbahaya bagi manusia. Virus yang sedang menjadi wabah diseluruh dunia khususnya di Indonesia pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 (Yuliana, 2020). Virus tersebut dikenal dengan virus Corona (SARS-CoV-2), World Health Organization (WHO) telah mengumumkan bahwa telah terjadi suatu wabah virus Corona atau COVID-19 yang menjadikan kedaruratan kesehatan masyarakat serta meresahkan dunia (WHO, 2020). Virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh, salah satu cara yang dapat digunakan dalam menjaga kesehatan guna mencegah tertularnya COVID-19 yaitu dengan dengan mengonsumsi vitain C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat dengan mudah dengan mudah ditemukan dalam buah lemon. Maka dalam program KSM-T ini dilakukan kegiatan sosialisasi terkait dengan peningkatan kualitas kesehatan dengan cara pembuatan sari lemon. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2021. Bertempat di Desa Poncokusumo Kabupaten Malang oleh mahasiswa KSM kelompok 36. Hasil dalam sosialisasi ini diketahui bahwa proses pembuatan sari lemon diawali dengan memilih jeruk lemon dengan kualitas baik, kemudian diperas untuk diambil airnya dan dilakukan perebusan untuk meningkatkan umur simpan produk yang dibuat. Sari lemon dapat bertahan pada suhu ruangan selama 7 hingga 10, sedangkan pada suhu kulkas dapat bertahan hingga 30-40 hari. Produk sari lemon ini juga memiliki tujuan jangka panjang sebagai bisnis yang berkelanjutan, hal ini dikarenakan produk pangan fungsional terus diminati oleh masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh.


Keywords


kesehatan; imunitas tubuh; sari lemon



DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.