Pengembangan Sistem Pemasaran melalui Media Online bagi UMKM Batik Tulis di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ratna Tri Hardaningtyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Rifqi Mubarok Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13392

Keywords:

pemberdayaan, batik tulis, inovasi

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah menyebar di seluruh wilayah indonesia. Salah satu UMKM yang khas di Desa Argotirto yaitu batik tulis. Karena pandemi, penjualan dari batik ini sempat vakum selama beberapa bulan. Oleh karena itu pemberdayaan UMKM Batik Tulis sangat di butuhkan guna untuk mengembangkan usaha Batik Tulis di Desa Argotirto ini. Di era pandemi masyarakat harus bisa memanfaatkan UMKM yang ada, mengolahnya serta memasarkan dalam media offline atau online agar ekonomi masyarakat bisa bertambah khususnya di era pandemi seperti sekarang ini. Salah satu upaya yang bisa di lakukan adalah dengan memberdayakan UMKM dengan cara memberi inovasi motif batik tulis agar dapat lebih update motif sehingga konsumen mudah tertarik, serta membantu pemasaran di media massa karena jangkauan pasarnya lebih luas dan praktis di bandingkan brosur dan door to door. Diharapkan berbagai kegiatan yang di lakukan dapat menambah wawasan, ilmu serta membantu majunya UMKM Batik Tulis, sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat.

Author Biography

Ratna Tri Hardaningtyas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

Economy and Business Faculty

References

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Tani “Emping Jagung†di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/195

Hasan, Z. (2018). Memori Krisis Moneter 1997/1998. DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-4032343/memori-krisis-moneter-19971998

Moerniwati, E. D. A. (2020). STUDI BATIK TULIS (Kasus di Perusahaan Batik Ismoyo Dukuh Butuh Desa Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen). Art Educare, 1(1), 30–41. https://jurnal.uns.ac.id/jae/article/view/39281

Pramudita, B. A., Barri, M. H., Priharti, W., Rizal, A., Prihatiningrum, N., & Hidayat, I. (2022). Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 80–91. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11694

Probosiwi, & Febrian, V. (2021). Mengambar Motif Batik di Jawa. Universitas Ahmad Dahlan.

Rachmadi, K. R., Jannah, M., & Salsabilla, C. A. (2021). Pemanfaatan Mikro dan Marketing Guna Meningkatkan Perekonomian Desa di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 175–179. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13230

Riadi, M. (2019). Pengertian, Jenis, Motif dan Proses Pembuatan Batik. KajianPustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2019/01/pengertian-jenis-motif-dan-proses-pembuatan-batik.html

Downloads

Published

2022-03-07

How to Cite

Hardaningtyas, R. T., & Mubarok, A. R. (2022). Pengembangan Sistem Pemasaran melalui Media Online bagi UMKM Batik Tulis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 25–29. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13392