Mengatasi Kurangnya Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan

Authors

  • Nofi Sri Utami Fakultas Hukum, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Muammar Al Qodafi Fakultas Hukum, Universitas Islam Malang
  • Muh Arif Rahman Fakultas Hukum, Universitas Islam Malang
  • Thariq Iqbal Fakultas Hukum, Universitas Islam Malang
  • Rayhan Muzakki Fakultas Hukum, Universitas Islam Malang
  • Fatkur Rozaq Fakultas Hukum, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13401

Keywords:

covid-19, protokol, masyarakat

Abstract

Pada kegiatan Kandidat Sarjana Mengabdi kepada masyarakat permasalahan yang kita angkat yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk menaati protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penyebaran dan juga tertularnya virus COVID 19. Masyarakat seperti enggan memakai masker, kurang sadar dengan mencuci tangan setalah melakukan aktivitas diluar rumah, oleh karena itu kami memberikan edukasi agar masyrakat bisa meningkatkan kesadaran dan pentingnya menaati protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Metode yang kami gunakan yaitu sosialisai cara terhindar dari virus, pembagian masker, pembuatan tempat cuci tangan di tempat yang biasa dikunjungi banyak orang, dan juga pembuatan poster tentang pentingnya menaati protokol kesehatan. Masyarakat merasa senang dan juga terbantu dengan adanya kegiatan ini karena dapat memberikan informasi penting mengenai kesehatan diri, mencegah tertularnya virus COVID 19, serta mematuhi protokol kesehatan.

References

Astiwi Kurniati, B. A. (2021). MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYAPENCEGAHAN COVID-19. MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYAPENCEGAHAN COVID-19.

Ayunda Ramadhani, L. S. (2020). MENJAGA KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. MENJAGA KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT.

Hapsari, K. R. (2021). Pemilihan Masker Kain dalam MencegahPenularan Virus Covid-19. Nusantara of Engineering,.

Masruroh, & Hayati, N. (2021). Media poster sebagai sarana edukasi masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(36), 169–176. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9207

Rahmawati, R. R. (2021). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. In Prosiding SeminarNasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Siahaineinia, H. E. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Penggunaan Masker Dan Cuci Tangan Selama Pandemi Covid-19 di Pasar Sukaramai Medan. Wahana Inovasi:Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Utami, N. S., Qodafi, M. M. A., Rahman, M. A., Iqbal, T., Muzakki, R., & Rozaq, F. (2021). Mengatasi Kurangnya Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 233–237. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13401