Pentingnya Digital Marketing dalam Memajukan UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Erfan Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Nurani Damei Ati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Emma Sukma Zulmida Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Cindy Nur Chofifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Fitria Afdiyanti Astuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Rosalina Dwi Amara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Selva Fersa Sonia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13462

Keywords:

pandemi covid, UMKM, digital marketing

Abstract

Sektor perekonomian adalah salah salah satu sektor yang terdampak Pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang berdampak pada berkurangnya mobilitas kegiatan masyarakat. Dengan adanya kegiatan PPKM ini banyak pemilik UMKM merasa rugi. Salah satu pemilik UMKM yang merasakan dampaknya yaitu Saudara Muhayan selaku pemilik usaha  “Bina Ternak Lancar Jaya†yang bergerak dibidang peternakan ayam potong di Desa Randuagung, Singosari, Kab. Malang, tempat kami melakukan KSM-Tematik. Sepinya pasar adalah salah satu dampak yang didapatkan sehingga berpengaruh terhadap turunnya omset. Untuk tetap dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya, dimasa pandemi  ini pemilik UMKM dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi dan selalu mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan mengubah cara pemasaran produk dengan menggunakan metode digital marketing sehingga tanpa bertemu dengan konsumen penjual dapat menawarkan produknya, jangkauan pemasarannya pun dapat lebih luas. Selain itu digital marketing juga mempermudah bagi pelaku UMKM dalam pengefektifan biaya dan transaksi lebih mudah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu para pemilik usaha juga harus memiliki ciri khas pada produknya agar lebih dikenali dengan mudah oleh konsumen dan berbeda dengan yang lain salah satunya dengan cara memberikan Brand/Merk yang menarik pada produk. Dan untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi selama pandemi pelaku usaha perlu membuat pencatatan akuntansi sederhana untuk mengetahui arus kas yang terjadi.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 88-92. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/manage/article/view/3981

Andriany, D. (2015). Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup . SEMINAR NASIONAL EKONOMI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI (SNEMA), 30-39. Retrieved from http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/3.%20Dewi%20Andriany%20%28hal%2030-39%29_0.pdf

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETINGPADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGAN DI TENGAH DAMPAK COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1-14. Retrieved from https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/balanca/article/view/1342/711

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 117-120. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/17880

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, 1-20. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15878

Sari, W. E., Yulianto, Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemi Covid 19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 36-48. Retrieved from https://www.e-journal.unair.ac.id/JIET/article/view/23614/12950

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Binaan KADIN Jawa Barat Dalam Era New Normal. Jurnal Pengabdian, 100-104. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/8792

Suhartati, L., Danuz, S. Z., Sasmita, G. F., Nurjanah, I., & Herniwati, J. (2021). Penyuluhan Kewirausahaan Dan Bimbingan Teknis Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan UMKM. Penyuluhan Kewirausahaan dan Bimbingan Teknis Digital, 114-124. Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/10755

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 604-609. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/540/322

Sumarsono, A., Nurleha, S., Khasanah, D. U., Wardani, N. N., Wahyuni, Sriyani, S., Listiani, D., & Kasmawati. (2021). Optimalisasi keterampilan merajut sebagai solusi peningkatan ekonomi warga saat pandemi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 220–230. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9283

Zulfikar, Mahmudi, A., & Fannani, M. A. (2020). Marketing Digital bagi Pelaku UMKM Desa Gondangmanis. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG EKONOMI, 16–19. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1006/462

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Efendi, E., Ati, N. D., Zulmida, E. S., Chofifah, C. N., Astuti, F. A., Amara, R. D., & Sonia, S. F. (2021). Pentingnya Digital Marketing dalam Memajukan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 227–232. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13462