Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding dan Inovasi Produk Kripik Gadung Guna Meningkatkan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi

Muhammad Ridwan Basalamah, Adinda Bella P, Annisa Mutmainah, Alisha Ramadhania, Laidia Himmatul Ulya, Alviana Mariska, Dwi Mayangsari

Abstract


Perkembangan bisnis yang semakin pesat tentunya menciptakan persaingan yang sangat ketat, tanpa terkecuali pada UMKM. Pada akhirnya persaingan yang ketat inilah menuntut para pelaku UMKM untuk bisa menciptakan sebuah ekonomi kreatif agar dapat bisa bertahan dan mengembangkan usahanya, salah satunya menciptakan inovasi dan branding produk. Terlebih dalam situasi pandemi covid-19 apabila suatu UMKM tidak menciptakan ekonomi kreatif maka akan rentan mengalami penurunan dalam berbagai aspek salah satunya brand atau citra merk di mata masyarakat. menciptakan inovasi tentunya berani berpikir secara positif, berani mengambil resiko, serta mampu dalam menghadapi segala perubahan. Untuk itu diperlukan sosialisasi, edukasi, dan pelatihan mengenai strategi branding dan inovasi produk bagi pelaku usaha kripik gadung di Dusun Glagah Ombo Desa Sumbersuko yang terletak di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang ini. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman strategi branding dan Inovasi produk dengan harapan UMKM didusun Glagah Ombo ini  mampu bersaing dalam bisnis global.

Keywords


kripik gadung; inovasi; branding; ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Tani “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/195

Dhewanto, W., Mulyaningsih, H. D., Permatasari, A., Anggadwita, G., & Ameka, I. (2014). Manajemen Inovasi, Peluang Sukses Menghadapi Perubahan (1st ed.). Andi.

Hafni, R., & Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ekonomikawan Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 15(2), 77–96. https://doi.org/10.30596%2Fekonomikawan.v15i2.1034

Moriansyah, L. (2015). PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL : ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES SOCIAL MEDIA MARKETING : ANTECEDENTS AND CONSEQUENC-. Jurnal Penelitian Kominikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196. https://doi.org/10.33299/jpkop.19.3.346

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2019). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Sari, W. E., Yulianto, Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174

Tampubolon, R. P., & Ningsih, D. (2019). Analisis Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Batam. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 263–272. https://doi.org/10.37531/mirai.v4i2.516

Wulandari, T. (2013). Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata (Survei terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 4(1), 1–12.

Yunaida, E. (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.