Penguatan Spiritualitas dan Intelektualitas di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13549Keywords:
intelektualitas, spiritualitasAbstract
Dewasa ini kita sedang diresahkan dengan penyebaran wabah Covid-19. Hal ini mengakibatkan semua aspek kehidupan manusia terganggu baik dari aspek Intelektualiatas maupun Spiritualitas. Mayoritas siswa siswa di kelurahan dinoyo yang sedang menimba ilmu mengalami kesulitan pada saat menerima materi yang diberikan, sehingga membuat peserta didik lama kelamaan merasa jenuh dan tertekan dengan materi-materi serta tugas-tugas yang diberikan. . Selain itu Covid-19 ini juga mengakibatkan kegiatan anak-anak TPQ Al-Muhajirin tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari permasalahan diatas dapat diatasi dengan beberapa metode yakni pendampingan belajar online dan mengajar mengaji yang dipandang cukup efisien untuk peserta didik dalam meningkatkan nilai intelektualitas serta spiritualitas. Kegiatan KSM-TEMATIK Universitas Islam Malang dilaksanakan secara langsung pada tanggal 02 Agustus 2021-14 September 2021 di Kelurahan Dinoyo RW 06 Malang. Mengukuhkan kemampuan pengambdian masyarakat melalui penguatan intelektualitas dan spiritualitas yang dapat berperan dalam menunjang keberhasilan yang merupakan salah satu program kegiatan KSM-TEMATIK Universitas Islam Malang.
References
Budiman, M. A. K. (2021). Pandemi Covid-19: Menjaga dan Menyelamatkan Lingkungan Hidup. KEMNKO PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pandemi-covid-19-menjaga-dan-menyelamatkan-lingkungan-hidup
Dianti, T., & Ekawati, A. (2021). Pandemic Fatigue, Kelelahan Tak Berujung Membuat Orang Tidak Peduli. DW. https://www.dw.com/id/pandemic-fatigue-kelelahan-tak-berujung-memicu-orang-tidak-peduli/a-58037361
Fadlika, I., Aripriharta, Dwiwahyono, I., Andriansyah, M. R., Gunawan, M. R., Mistakim, E., & Fakhri, A. S. (2021). Pengembangan alat sterilisasi mikroorganisme dan pelaksanaan disinfeksi berkala sebagai upaya untuk memutus rantai penularan covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3). https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.11007
Frager, R. (2014). Psikologi Sufi untuk Transformasi Hati, Jiwa, dan Ruh. Zaman.
Hudha, A. M. (2012). Menjadi Pribadi Inovatif, Kreatif, dan Mandiri yang Berspiritualitas. Aditya Media Publishing.
Pakpahan, D. P. (2021). Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Kecerdasan Intelektual (IQ) dalam Moralitas Remaja Berpacaran Upaya Mewujudkan Manusia yang Seutuhnya. Ahlimedia Book.
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 286–291. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/2435