Pedampingan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Covid-19 untuk Pelajar Sekolah Dasar

Efendi S Wirateruna, Adila Farchamnia Olfiyanto, Chelsea Rahmadhani, Intan Rifaini

Abstract


Wabah Covid-19 telah memberi dampak semua sektor termasuk sektor pendidikan, sehingga diperlukan pendampingan pendidikan semasa pandemi. Tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan kegiatan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa dan siswi mengenai Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri 2 Labuapi di Desa Labuapi, kec. Labuapi, kab. Lombok barat, nusa tenggara barat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris ini adalah dengan pengajaran materi, serta praktik pelafalan Bahasa Inggris dengan menggunakan metode pembelajaran belajar sambil bermain. Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan; tahap pertama yaitu survey lokasi Sekolah Dasar Negeri 2 Labuapi; tahap kedua yaitu berkoordinasi dengan kepala sekolah dan kepala desa; tahap ketiga persiapan pelaksanaan; tahap keempat adalah pelaksanaan kegiatan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris. Indikator keberhasilan kegiatan pedampingan pembelajaran Bahasa inggris adalah pembuatan modul vocabulary dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris. Dengan adanya pencetakan modul, keberlanjutan program pembelajaran Bahasa inggris yang efektif dan tepat untuk siswa SD dapat tercapai.

Keywords


Modul Bahasa Inggris; Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran



DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.