Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa

Mohammad Rizal, Azza Nur Laila, Nurain Ali, Nuzulur Rohmah, Moh Hafi Nasil Maula, Rifatul Waasiah

Abstract


Salah satu bidang usaha yang tetap konsisten dan berkembang dalam perekonomian nasional salah satunya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan maraknya pertumbuhan usaha saat ini persaingan pasarpun semakin ketat.Peralihan tren pemasaran dari konvensional (offline) ke media online menyebabkan para pelaku UMKM yang tidak memanfaatkan potensi digital marketing kehilangan kesempatan untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Sosialisasi ini diikuti oleh 21 (Dua puluh Satu) orang para pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Para pelaku UMKM di sini masih kurang inovatif dalam mengembangkan usahanya. Umumnya, mereka belum menggunakan daya pikir yang kreatif untuk menggunakan digital marketing dengan memanfatkan jejaring sosial sebagai media pemasaran.Sosialisasi ini dilakukan dengan dengan tujuan untuk membentuk usaha kecil yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan.Kondisi ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat, sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.

Keywords


UMKM; sosial media; digital marketing; e-commerce



DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.