Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa

Authors

  • Mohammad Rizal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Azza Nur Laila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Nurain Ali Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Nuzulur Rohmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Moh Hafi Nasil Maula Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Rifatul Waasiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569

Keywords:

UMKM, sosial media, digital marketing, e-commerce

Abstract

Salah satu bidang usaha yang tetap konsisten dan berkembang dalam perekonomian nasional salah satunya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan maraknya pertumbuhan usaha saat ini persaingan pasarpun semakin ketat.Peralihan tren pemasaran dari konvensional (offline) ke media online menyebabkan para pelaku UMKM yang tidak memanfaatkan potensi digital marketing kehilangan kesempatan untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Sosialisasi ini diikuti oleh 21 (Dua puluh Satu) orang para pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Para pelaku UMKM di sini masih kurang inovatif dalam mengembangkan usahanya. Umumnya, mereka belum menggunakan daya pikir yang kreatif untuk menggunakan digital marketing dengan memanfatkan jejaring sosial sebagai media pemasaran.Sosialisasi ini dilakukan dengan dengan tujuan untuk membentuk usaha kecil yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan.Kondisi ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat, sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.

References

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3). https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10103

Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.24014/jel.v3i1.664

Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Kurniawan, E., Nofriadi, & Maharani, D. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.542

Lestari, R. I., Santoso, D., & Indarto, I. (2021). Meningkatkan literasi keuangan digital pada pelaku UMKM melalui sosialisasi gerakan nasional non-tunai. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 378–390. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10947

Machmud, A. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Semnas Fekon, 600–615. http://repository.ut.ac.id/5078/1/fekon2012-52.pdf

Manshur, M. I. (2020). Peran Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Busana Hijab Syar’i SI.SE.SA. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 113–130. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/9420

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Kartika Sari, A. F. (2019). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Saleh, B., & Hadiyat, Y. D. (2016). Use of Information Technology among Performers Micro Small Medium Enterprises in the Border Area (Study in Belu, East Nusa Tenggara). Journal Pekommas, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010204

Tedjasuksmana, B. (2014). Potret UMKM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014 Towards a New Indonesia Business Architecture Business And Economic Transformation Towards AEC 2015, 189–202. http://repository.wima.ac.id/id/eprint/982/1/ETR005 - Budianto Tedjasuksmana.pdf

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 287–293. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569