Membangkitkan Semangat Belajar Agama Sejak Dini dan Melakukan Kegiatan Keagamaan Taman Pendidikian Al-Qur’an (TPQ)
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13656Keywords:
semangat belajar agama, kegiatan keagaamanAbstract
Belajar mengenai ilmu agama memang perlu ditanamkan sejak dini. Pendidikan akan dasar keagamaan harus diberikan kepada anak sedini mungkin, oleh karena itu anak sangat membutuhkan pendidikan, binaan, arahan serta bimbingan dari berbagai pihak  yaitu salah satunya antisipasi orang tua dalam memberikan pendidikan keagamaan kepada anak-anaknya dengan cara mengikutsertakan dalam kegiatan Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) dan juga peran masyarakat dan juga lembaga pendidikan. Tujuan dari membangkitkan semangat belajar agama dari bimbingan dan pembinaan tersebut adalah agar kepribadian dan fitrah keberagamaan yang ada pada diri seorang anak bisa terarah dengan baik dan sesuai dengan tuntunan ajaran agama. Oleh karena itu pendidikan akan dasar keagaaman harus diberikan kepada anak sedini mungkin. Karena pendidikan yang dilakukan sejak dini akan lebih mengena dan meresap dalam jiwa anak untuk semangat dalam belajar agama.References
Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran†Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763
Gunawan, A. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ). Kompasiana. https://www.kompasiana.com/arygunawan/5500dfbda333117c6f5124af/pendidikan-karakter-berbasis-taman-pendidikan-al-qur-an-tpa-tpq
Hidayah, Y., Suyitno, & Retnasari, L. (2019). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religus ( Pengabdian di TPQ Silastra Condong Catur , TPQ Darul Falah Maguwo Harjo. LOYALITAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.30739/loyal.v2i2.489
Kusnadi, D., Fattah, N., Husaini, A., & Ruhenda, R. (2018). Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404. https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.60
Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dalam Pendidikan Anak Di Era Digital. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.71-90
Muntoha, Jamroni, Khoiruzaad, M., Prasetyo, H., Wijaya, M. A., Jabbar, A. A., U., R. U., A.W., D. A., P, D. I., & Tantria, H. (2015). Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Dusun Sangbanyu 1, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 200–205.