Tingkakan Mutu Pendidikan di Era Daring Covid-19 dengan Membentuk Rumah Belajar bagi Siswa SD

Arfan Kaimuddin, Rika Sari Maharani, Riki Wibowo, Rofik Kurrohman, Muhammad Fakhrurrozy, Angelina Septa, Dian Aditya Arif, Risalatul Aulia, Ririn Nur Afifah, Astro Dwi Putra, Kemal Maulana Anam, Fizar Wildan Setiawan

Abstract


Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang telah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Healt Organization (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020 semakin meluas. Pendidikan menjadi salah satu hal yang terdampak covid-19 yang menyebabkan berubahnya sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan daring. Pendidikan memiliki peran penting untuk kemajuan bangsa karena pendidikan memiliki fungsi untuk membentuk karakter peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 juga disebutkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara . Dengan adanya sistem pembelajaran daring ini peserta didik bisa belajar kapan pun dan dimanapun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Namun dengan adanya sistem ini peserta didik dihadapkan dengan beberapa masalah salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik yang membuat peserta didik tidak memahami materi yang diberikan oleh guru. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode diskusi dimana melibatkan siswa untuk belajar memecahkan masalah. Tujuan dibentuknya rumah belajar ini adalah untuk meningkatkan kembali semangat belajar para siswa agar kelak menjadi penerus bangsa yang berkarakter dan cerdas.


Keywords


rumah belajar; pendidikan; covid-19



DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.