Tingkatkan Mutu Pendidikan di Era Daring Covid-19 dengan Membentuk Rumah Belajar bagi Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13661Keywords:
rumah belajar, pendidikan, covid-19Abstract
Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang telah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Healt Organization (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020 semakin meluas. Pendidikan menjadi salah satu hal yang terdampak covid-19 yang menyebabkan berubahnya sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan daring. Pendidikan memiliki peran penting untuk kemajuan bangsa karena pendidikan memiliki fungsi untuk membentuk karakter peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 juga disebutkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara . Dengan adanya sistem pembelajaran daring ini peserta didik bisa belajar kapan pun dan dimanapun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Namun dengan adanya sistem ini peserta didik dihadapkan dengan beberapa masalah salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik yang membuat peserta didik tidak memahami materi yang diberikan oleh guru. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode diskusi dimana melibatkan siswa untuk belajar memecahkan masalah. Tujuan dibentuknya rumah belajar ini adalah untuk meningkatkan kembali semangat belajar para siswa agar kelak menjadi penerus bangsa yang berkarakter dan cerdas.
References
Lidiawati, S. D., & Muhammad, H. N. (2021). Efektivitas pembelajaran daring selama pandemi pada mata pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 13–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/39512
Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(2), 18–29. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/716
Rosyidah, A. N. K., Affandi, L. H., Erfan, M., Oktaviyanti, I., Maulyda, M. A., & Hamdani, I. (2021). Pengentasan buta aksara berbasis pendekatan “semua anak cerdas†untuk guru SD. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 362–377. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10884
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.