Rumah Belajar Ceria untuk Membangkitkan Semangat Belajar yang Lebih Inovatif dan Kreatif

Authors

  • Fawaidul Badri Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Fatimat Uzahro Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Rambu Ade Nopia Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Ardiansyah Siregar Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Lina Dwi Novita Sari Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Zulfa Putria Nurullah Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Muhammad Yusuf Niqris Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Faradilla Nur Annisa Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Siti Hawia Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Nabila Azzaro Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Rafif Pudyo Hartoko Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16169

Keywords:

home visit, covid-19, solutif, interaktif

Abstract

Rumah Belajar Ceria (RBC) adalah sebuah ide pembelajaran yang peduli dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan anak. Program ini bergagasan untuk menigkatkan kualitas hubungan antara peserta didik dan tenaga pendidik, dengan sistem home visit. Dewasa ini home visit menjadi salah satu solusi untuk mengatasi salah satu dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Dengan digencarkannya system ini, peserta didik dapat terbantu untuk belajar yang lebih mudah dan solutif. Dalam penelitian ini, home visit yang digagaskan adalah belajar sambil bermain dan mendorong kreatifitas peserta didik dalam membangun hubungan yang lebih interaktif antara   pendidik dan peserta didik. Mahasiswa KSM kelompok 37 ditempatkan di dusun Klerek desa Torongrejo mewujudkan peserta didik yang mandiri berbasis kecerdasan ilmu dan akhlak serta bertumpu pada semangat kreatifitas, dan mebina kegiatan yang menginspirasi kemandirian dalam mental seorang anak.

References

Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164. https://siducat.org/index.php/isej/article/view/81

Faruq, Aziz, M. F., & Ruhaena, L. (2022). Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749

Kusnayat, A., Hifzul Muiz, M., Sumarni, N., Salim Mansyur, A., & Yuliati Zaqiah, Q. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

Mahardika, M. N., Trisiana, A., Widyastuti, A., Juhaena, J. S., Mea, R., & Kirani, A. (2020). Strategi Pemerintah Dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Mengatasi Wabah Covid-19 Berbasis Semangat Gotong Royong. Jurnal Global Citizen, IX(1), 39–50. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i1.3884

Makmun, S. (2021). Kombinasi Pembelajaran Media Daring dengan Strategi Home Visit pada Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 20–25. https://doi.org/10.31764/telaah.v6i1.3351

Napitu, U., Corry, Sihaloho, B., Napitu, H., Mardiani, Nasution, A. M. L., & Cahaya. (2022). Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 Varian Omicron bagi Masyarakat Kecamatan Siantar Sitalasar. Communnity Development Journal, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4209

Oka, D. N., Made, N., Wati, S., & Tinggi, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Varian Omicron (Studi Kasus pada Prodi Pendidikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan). Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 102–116. https://doi.org/10.5281/zenodo.6426489

Pardiyanto, M. A. (2020). Kebijakan Pemerintah dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid 19. Spektrum, 17(2), 23–37. https://doi.org/10.31942/spektrum.v17i2.4359

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Badri, F., Uzahro, F., Nopia, R. A., Siregar, A., Sari, L. D. N., Nurullah, Z. P., Niqris, M. Y., Annisa, F. N., Hawia, S., Azzaro, N., & Hartoko, R. P. (2022). Rumah Belajar Ceria untuk Membangkitkan Semangat Belajar yang Lebih Inovatif dan Kreatif. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 41–44. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16169