Re-branding Produk Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Cepi Yazirin Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Jauhari Zuhair Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Aisyaturradiah Aisyaturradiah Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Awin Uminatul Chusna Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Balilatul Zuhrah Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Dafa Agmi Pradana Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Ismawati Ismawati Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Junaidi Junaidi Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Lesi Anjaliati Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Moch. Khoiril Basyar Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Narulita Andriyani Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Wafiq Rochayatul Mahmudah Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16173

Keywords:

branding produk, komunikasi pemasaran, usaha mikro kecil dan menengah

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Pelaku UMKM terkendala pada pemasaran prosuk, belum memahami manfaat dari branding, minim ilmu tentang branding, belum memilki karakter intrepreneuer yang positif dan yang tidak kalah penting adalah pendampingan mengenai teknis strategi branding bagi para pelaku UMKM. Dalam komunikasi pemasaran, salah satu fungsi branding adalah sebagai salah satu sarana untuk menanamkan citra positif dibenak konsumen, sehingga perlu dipahami oleh pelaku UMKM, karena branding produk merupakan salah satu poin penting agar produk UMKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu yang lama. Re-branding ini diharapkan mampu meningkatkan nilai jual dari produk UMKM.

References

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press.

Ilsan, M., Salim, M., & Husain, T. K. (2020). Pelatihan teknik menyusun laporan keuangan untuk umkm agribisnis. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 102–110. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.5993

Isnaini, S. (2009). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (ukm) di indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan Dan Politik, 22(4), 324–332.

Kotler, P., & Keller, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks.

Kusno, F., Radityani, A., & Kristanti, M. (2007). Analisa hubungan brand strategy yang dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Cafe dan brand equity yang sudah diterima konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.9744/jmp.3.1.43-56

Tjahyono, N. (2014). Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Earth Hour 2013. Jurnal E-Komunikasi, 2(1), 1–10. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/1746

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. ANDI Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Yazirin, C., Zuhair, A. J., Aisyaturradiah, A., Chusna, A. U., Zuhrah, B., Pradana, D. A., Ismawati, I., Junaidi, J., Anjaliati, L., Basyar, M. K., Andriyani, N., & Mahmudah, W. R. (2022). Re-branding Produk Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 51–55. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16173