Habiatuasi Nilai-Nilai Keagamaan dan Keterampilan melalui Kegiatan Rohani dalam Menciptakan Kesalehan di Pondok Pesantren

Authors

  • Masyhuri Machfudz Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Ulul Azmi Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang
  • Hakam Efendy Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16176

Keywords:

habituasi, pelatihan, pengajaran

Abstract

Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di dusun lowoksari melalui pengajaran dan pembiasaan (habituasi) nilai-nilai keagamaan dan keterampilan melalui kegiatan rohani trampil. Salah satu upaya yang dapat menunjang adalah kegiatan pendampingan pengajaran mengaji, hafalan surah pendek, dan muroja’ah. Dan juga melakukan kegiatan publick speeking, adzan, dan mewarna. Partisipan dalam kegiatan adalah anak TPQ Salafiyah Lowoksari Karangploso. Hasil KSM-T ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak TPQ dalam mengamalkan amaliyah keagamaan khususnya Amaliyah Aswaja Annadiyah, dan meningkatkan dan mengembangkan kamampuan dan ketrampilan mereka melalui pelatihan bahasa dan al banjari.

References

Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan melalui Konstruksi Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik, 5(2), 193–208. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.380

Junaidi, K. (2016). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum Di Pondok Pesantren Lirboyo). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 95–110. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.364

Khairuddin. (2019). Studi Klasik Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara (Surau, Meunasah dan Pesantren). Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 79–93. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/view/6961

Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337

Luthfiyah, R., Hidayat, A., & Choirunniam, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Generasi Islam Milenial. TARBAWI Jurnal Pendidikan, 9(1), 59–81. http://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/143

Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122–141. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141

Mujiburrahman, Nuraeni, Astuti, F. H., Muzanni, A., & Muhlisin, M. (2021). Pentingnya Pendidikan Bagi Remaja Sebagai Upaya Pencegahan Pernikahan Dini. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.422

Mutakin, T. Z., Nurhayati, & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. EDUTECH: Jurnal Educational Technology, 13(1), 361–373. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089

Nursyarief, A. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia dalam Lintasan Sejarah (Perspektif Kerajaan Islam). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 256–271. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a8

Ummah, S. K., Ismara, S. R., Mellysapitri, D., Imam, L. Y., & Hentihu, M. N. (2021). Inovasi pengembangan TPQ menjadi pusat studi tajwid menggunakan metode nasyid berbantuan articulate storyline. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 321–330. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.9720

Yunus, Y., Mukhtar, J., & Nugroho, I. (2019). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren As’adiyah Belawa Baru, Masamba, Sulawesi Selatan). Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82–101. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.506

Yusuf, M. (2019). Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 9–16. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/63

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Machfudz, M., Azmi, U., & Efendy, H. (2022). Habiatuasi Nilai-Nilai Keagamaan dan Keterampilan melalui Kegiatan Rohani dalam Menciptakan Kesalehan di Pondok Pesantren. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 71–75. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16176