Habiatuasi Nilai-Nilai Keagamaan dan Keterampilan melalui Kegiatan Rohani dalam Menciptakan Kesalehan di Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16176Keywords:
habituasi, pelatihan, pengajaranAbstract
Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di dusun lowoksari melalui pengajaran dan pembiasaan (habituasi) nilai-nilai keagamaan dan keterampilan melalui kegiatan rohani trampil. Salah satu upaya yang dapat menunjang adalah kegiatan pendampingan pengajaran mengaji, hafalan surah pendek, dan muroja’ah. Dan juga melakukan kegiatan publick speeking, adzan, dan mewarna. Partisipan dalam kegiatan adalah anak TPQ Salafiyah Lowoksari Karangploso. Hasil KSM-T ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak TPQ dalam mengamalkan amaliyah keagamaan khususnya Amaliyah Aswaja Annadiyah, dan meningkatkan dan mengembangkan kamampuan dan ketrampilan mereka melalui pelatihan bahasa dan al banjari.References
Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan melalui Konstruksi Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik, 5(2), 193–208. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.380
Junaidi, K. (2016). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum Di Pondok Pesantren Lirboyo). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 95–110. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.364
Khairuddin. (2019). Studi Klasik Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara (Surau, Meunasah dan Pesantren). Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 79–93. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/view/6961
Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337
Luthfiyah, R., Hidayat, A., & Choirunniam, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Generasi Islam Milenial. TARBAWI Jurnal Pendidikan, 9(1), 59–81. http://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/143
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122–141. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141
Mujiburrahman, Nuraeni, Astuti, F. H., Muzanni, A., & Muhlisin, M. (2021). Pentingnya Pendidikan Bagi Remaja Sebagai Upaya Pencegahan Pernikahan Dini. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.422
Mutakin, T. Z., Nurhayati, & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. EDUTECH: Jurnal Educational Technology, 13(1), 361–373. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089
Nursyarief, A. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia dalam Lintasan Sejarah (Perspektif Kerajaan Islam). Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 256–271. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a8
Ummah, S. K., Ismara, S. R., Mellysapitri, D., Imam, L. Y., & Hentihu, M. N. (2021). Inovasi pengembangan TPQ menjadi pusat studi tajwid menggunakan metode nasyid berbantuan articulate storyline. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 321–330. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.9720
Yunus, Y., Mukhtar, J., & Nugroho, I. (2019). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren As’adiyah Belawa Baru, Masamba, Sulawesi Selatan). Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82–101. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.506
Yusuf, M. (2019). Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 9–16. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/63
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.