Penerapan Program “Educare” sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online

Authors

  • Khoirul Muttaqin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Hesty Hyldania Azizah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Sukmay Wijayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Elinda Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Safillah Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Salsabila Nur Qomariah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Dayu Irmawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Ahmad Ishom Tamimi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Mohammad Taufiqurrahman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang
  • Achmad Khoiruddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16178

Keywords:

pembelajaran online, educare, motivasi belajar

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah warga terpapar virus covid-19 cukup. Hal ini menimbulkan berbagai problematika disegala aspek kehidupan manusia, termasuk pada aspek pendidikan. Dalam 2 tahun terakhir ini pendidikan di Indonesia tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Siswa diharuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring (jarak jauh). Kebijakan dikeluarkan karena dirasa efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Namun dibalik dampak positif tersebut, tentunya terdapat dampak negatif yang ditimbulkan salah satunya yakni sulitnya siswa dalam menerima materi pembelajaran yang didapatkan selama pembelajaran daring. Melalui kegiatan KSM-Tematik 2022 di Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, mahasiswa UNISMA tertarik untuk membantu memberikan solusi dengan menerapkan kegiatan “Educare†sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pembelajaran online. Kegiatan educare ini dilakukan 4 kali dalam seminggu dengan tujuan membantu siswa dalam mengerjakan tugas maupun membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Kegiatan tersebut dinilai efektif, karena dengan kegiatan tersebut siswa merasa mendapatkan bimbingan dan arahan meski pembelajaran dilakukan dari rumah.

References

Ahidin, U. (2020). COVID 19 & Work from Home (G. Puspita (ed.)). Desanta Muliavisitama.

Faruq, Aziz, M. F., & Ruhaena, L. (2022). Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749

Indrawatiningsih, N., & Hakim, L. (2021). Peningkatan iptek guru TK melalui penggunaan aplikasi zoom untuk pembelajaran berbasis daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 282–289. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10008

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Ifni. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa itu Belajar? “HELPER†Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

Susanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. PT Elex Media Komputindo.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Muttaqin, K., Azizah, H. H., Wijayanti, S., Sari, E., Safitri, S., Qomariah, S. N., Irmawan, D., Tamimi, A. I., Taufiqurrahman, M., & Khoiruddin, A. (2022). Penerapan Program “Educare” sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 83–87. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16178