Pengolahan Jus Wortel-Nanas upaya Peningkatan Gizi Keluarga dengan Konsep Zero Waste

Authors

  • Hadi Apriliawan Universitas Islam Malang
  • Pradila Arum Sekar Wangi Universitas Islam Malang
  • Nabilah Miftachul Khoiriyah Universitas Islam Malang
  • Ajeng Nur Safitri Universitas Islam Malang
  • Eka Yulia Maula Nur Panghesti Universitas Islam Malang
  • Mochammad Muchibbudin Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i2.18411

Keywords:

buah, sayur, pengolahan, peningkatan gizi, zero waste

Abstract

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan gizi keluarga melalui konsep zero waste dilakukan dengan pengolahan buah dan sayur beserta pengolahan limbahnya. Pemberdayaan masyarakat dilakukan di Balai Pertemuan Kelompok Tani secara offline dengan produk olahan buah dan sayur berupa jus wortel-nanas, kerupuk wornas, minuman probiotik tepache, dan minuman herbal jamu. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan angka konsumsi buah dan sayur yang rendah sekaligus memanfaatkan limbahnya yang selama ini hanya dibuang begitu saja. Metode yang digunakan untuk mendukung program ini adalah sistem learning by doing dengan bantuan modul media booklet, PPT. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena menambah wawasan mengenai nilai gizi dengan adanya pengolahan jus buah & sayur dengan konsep zero waste atau pengolahan limbah Kembali. Secara umum kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga untuk melakukan pengolahan jus dan sayur beserta pengolahan limbahnya.

References

Sarkar, B. N., Sarmah, M. C., & Giridhar, K. (2015). Grainage performance of eri silkworm Samia ricini (Donovan) fed on different accession of castor food plants. International Journal of Ecology & Ecosolution, 2(2), 17–21.

Efendi, Raswen. Yusmarini. Zulkifli. (2018). Pembuatan Permen Jelly Dari Wortel Dan Bonggol Nanas. Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau. 1-14

Shinta, Agustina. (2020). Identifikasi Angka Kecukupan Gizi Dan Strategi Peningkatan Gizi Keluarga Di Kota Probolinggo (Studi Kasus Di Kecamatan Kedopok Dan Mayangan) Staf Pengajar Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. 5 Halaman.

Johannes, Aprilya C. Thelma J. Tuju , Mamuaja Christine. (2020). Sifat Kimia dan Organoleptik Permen Keras Sari Wortel (Daucus carota L.) dengan Penambahan Sari Buah Nanas (Ananas comosus L.). Program Studi Teknologi Pangan Jurusan Teknologi Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado. 9 Halaman.

Pramudiantika, Rischa. (2018). Inovasi Pemberian Jus Wortel Untuk Mengurangi Tingkat Dismenore Primer Pada Remaja Di Wilayah Kabupaten Magelang. Fakultas Ilmu Kesehatan UMM. 47 Halaman.

Aisyah. Reny. Surya, Riska Ningrum. (2020). Pelatihan Pembuatan Minuman Berserat Alami Dari Buah Nanas Dan Nata De Coco. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. 12 Halaman.

Susilowati, Dwi. Asmaniyah, Siti. Dita Lailatul. Faisal, Abdillah. Afifa Nur, Tania. Rizkyoni , Dini. 2022 .Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Malang Melalui Peningkatan Ketrampilan Pengolahan Pasca Panen.

Eri Ayuningtyas, Cita. Emma, Septian. Raffika. (2020Peningkatan Gizi Keluarga melalui Kebun Sayur 1, 2Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia. Vol. 5, No. 1

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Apriliawan, H., Wangi, P. A. S., Khoiriyah, N. M., Safitri, A. N., Panghesti, E. Y. M. N., & Muchibbudin, M. (2022). Pengolahan Jus Wortel-Nanas upaya Peningkatan Gizi Keluarga dengan Konsep Zero Waste. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(2), 92–97. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i2.18411