Edukasi Pentingnya Peran Digitalisasi Marketing dan Pembukuan dalam Memajukan Pelaku Usaha Mikro Menengah (UMKM)

Authors

  • Kartika Rose Rachmadi Universitas Islam Malang
  • Achmad Febryanto Irmansyah Universitas Islam Malang
  • Muhamad Rifki Arifian Universitas Islam Malang
  • Yesri Rahma Mediantin Universitas Islam Malang
  • Fitri Andarin Universitas Islam Malang
  • Eka Indah Kusmalasari Universitas Islam Malang
  • Maghfiroh Chandra Ning Tyas Universitas Islam Malang
  • Satria Sabilillah Universitas Islam Malang
  • Muhammad Arifullah Universitas Islam Malang
  • Bilal Muqtadin Universitas Islam Malang
  • Muhammad Rizky Nur Hanif Universitas Islam Malang
  • Zarkasih Suryawan Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i2.18423

Keywords:

edukasi, digital marketing, pembukuan, umkm, desa sidomulyo

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat sangatlah membantu mempermudah pekerjaan. Adanya perkembangan teknologi tersebut muncul istilah Digital Marketing dan pembukuan digital yang dapat membantu pelaku usaha UMKM mengembangkan usahanya. Desa Sidomulyo yang terkenal dengan desa bunga yang menjadi lokasi KSM-Tematik UNISMA kelompok 17 menjadi target tim ini untuk membantu memperkenalkan mengenai digital marketing dan pembukuan digital dengan memberikan edukasi serta mengajarkan cara penggunaannya. Adapaun metode dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan cara metode partisipatif dimana melibatkan seluruh anggota kelompok 17 KSM-Tematik UNISMA dengan pelaku usaha UMKM bunga Desa Sidomulyo. Dengan tahapan yang 1) Kunjungan ke UMKM bunga Desa Sidomulyo. 2)Edukasi tentang pembukuan digital. 3)Tim membantu memasarka produk dagang via digital marketing. Kegiatan tersebut bertujuan agar pelaku usaha UMKM Desa Sidomulyo bias memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada dengan lebih efektif dan efisian serta penjualannya bisa meningkat.

References

Agus, A. H. R., & Ummah, B. (2019). Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid di Era Revolusi Industri 4.0. TARBIYATUNA, 5(2), 59–81. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311

Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62

Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(2), 134–152. https://doi.org/10.22441/jdm.v3i2.10573

Sari, J., Mildawati, T., Yahya, & Kurnia. (2022). Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 210–220. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13976

Simarmata, L. P. (2019). Perkembangan Teknologi Terhadap Desa Terpencil. Jurnal Lex Justitia, 1(1), 81–87. https://doi.org/10.22303/lex%20justitia.1.1

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Rachmadi, K. R., Irmansyah, A. F., Arifian, M. R., Mediantin, Y. R., Andarin, F., Kusmalasari, E. I., Tyas, M. C. N., Sabilillah, S., Arifullah, M., Muqtadin, B., Hanif, M. R. N., & Suryawan, Z. (2022). Edukasi Pentingnya Peran Digitalisasi Marketing dan Pembukuan dalam Memajukan Pelaku Usaha Mikro Menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(2), 88–91. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i2.18423