Edukasi Pentingnya Peran Digitalisasi Marketing dan Pembukuan dalam Memajukan Pelaku Usaha Mikro Menengah (UMKM)
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i2.18423Keywords:
edukasi, digital marketing, pembukuan, umkm, desa sidomulyoAbstract
Perkembangan teknologi yang cukup pesat sangatlah membantu mempermudah pekerjaan. Adanya perkembangan teknologi tersebut muncul istilah Digital Marketing dan pembukuan digital yang dapat membantu pelaku usaha UMKM mengembangkan usahanya. Desa Sidomulyo yang terkenal dengan desa bunga yang menjadi lokasi KSM-Tematik UNISMA kelompok 17 menjadi target tim ini untuk membantu memperkenalkan mengenai digital marketing dan pembukuan digital dengan memberikan edukasi serta mengajarkan cara penggunaannya. Adapaun metode dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan cara metode partisipatif dimana melibatkan seluruh anggota kelompok 17 KSM-Tematik UNISMA dengan pelaku usaha UMKM bunga Desa Sidomulyo. Dengan tahapan yang 1) Kunjungan ke UMKM bunga Desa Sidomulyo. 2)Edukasi tentang pembukuan digital. 3)Tim membantu memasarka produk dagang via digital marketing. Kegiatan tersebut bertujuan agar pelaku usaha UMKM Desa Sidomulyo bias memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada dengan lebih efektif dan efisian serta penjualannya bisa meningkat.References
Agus, A. H. R., & Ummah, B. (2019). Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid di Era Revolusi Industri 4.0. TARBIYATUNA, 5(2), 59–81. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352
Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311
Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62
Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(2), 134–152. https://doi.org/10.22441/jdm.v3i2.10573
Sari, J., Mildawati, T., Yahya, & Kurnia. (2022). Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 210–220. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13976
Simarmata, L. P. (2019). Perkembangan Teknologi Terhadap Desa Terpencil. Jurnal Lex Justitia, 1(1), 81–87. https://doi.org/10.22303/lex%20justitia.1.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.