Implementasi Penguatan Usaha Ekonomi Kreatif Bengkel Batik Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19124Keywords:
batik, ekonomi kreatif, penguatan usahaAbstract
Batik telah berkembang pesat seiring berjalannya waktu dan turut eksis di kancah internasional. Perkembangan tersebut ditandai dengan semakin banyaknya peminat batik. Sumber day dan alat membatik seringkali menjadi permasalahan bagi pengrajin batik untuk memenuhi permintaan pasar, seperti yang terjadi di Bengkel Batik, Kota Malang. Adapun tujuan dari pengabdian ini yakni mengembangkan sumber daya untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan usaha dan meningkatkan pemasaran melalui media sosial. Metode kegiatan pelaksanaan ini yakni pelatihan dan workshop, dilakukan melalui 4 tahapan yakni koordinasi, penyediaan alat, pelatihan dan workshop serta evaluasi. Pengabdian ini dilakukan bersama pengrajin batik di Bengkel Batik. Hasil yang telah di peroleh yakni pengrajin memahami bagaimana pengelolaan usaha yang baik terutama dalam hal manajemen keuangan dan telah mampu untuk melakukan pembukuan sederhana. Selain itu, pengrajin juga dapat melakukan pemasaran produk sendiri melalui fitur-fitur di berbagai platform media sosial.
References
Departemen Perdagangan RI. (2008). Pengembangan ekonomi kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Dinas Perdagangan Republik Indonesia.
Hasibuan, Malahayu S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iramani, K. N. (2013). Study Financial Management Behavior pada Masyarakat Surabaya. Journal of Business& Banking , 69-80.
Iskandar. (2016). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal GEMA. ISSN : 0215-3092
Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. (2019). Penerapan Digital Marketing sebagai Peningkatan Pemasaran pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614- 6711.
Ruth, L. B., & Hutabarat, F. W. M. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, Volume 7 No.1. Hal 12–20. Malang: Universitas Negeri Malang.
Seber, V. (2019). The Effect of Interaction Via Social Media and Past Online Shopping Experience on Repurchase Intention Through Trust in Tokopedia Application Users in Surabaya. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), vol. 1, no. 2, pp. 71–92.
Shukla, A and Sharma, S. K. (2018). Evaluating consumers’ adoption of mobile technology for grocery shopping: an application of technology acceptance model. Vision, vol. 22, no. 2, pp. 185–198.
Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Syamsuddin, F & Amir, S. (2021). Pembuatan Batik sebagai Upaya Pelestarian Budaya dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).
Wibowo . (2014) . Manajemen Kinerja . Edisi Keempat . Jakarta : Rajawali Pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.