Aktualisasi Program Kampus Mengajar sebagai Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Tingkat Dasar di Indonesia

Authors

  • Fitri Awaliyatush Sholihah Universitas Islam Malang
  • Imam Ali Ma’sum Ghozali Universitas Islam Malang
  • Ayu Mara Fatimah Putri Hafidz Universitas Islam Malang
  • Maksum Fariz Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19167

Keywords:

mahasiswa, kampus mengajar, MBKM

Abstract

Kampus mengajar merupakan kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berkontribusi dalam peningkatan pendidikan dasar di Indonesia. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan learning loss yang berdampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Untuk menjawab permasalahan tersebut, program Kampus Mengajar memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi membantu permasalahan di satuan pendidikan tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengkaji aktualisasi program Kampus Mengajar sebagai kontribusi mahasiswa pada pendidikan dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar telah memberikan ruang bagi mahasiswa Untuk belajar dan berkontribusi yang berdampak positif bagi semua elemen yang terlibat, terutama membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan tingkat dasar.

References

Al Ghozali, M. I., & Fatmawati, S. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. EduBase: Journal of Basic Education, 2(2). https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.427

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485–501.

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47. https://doi.org/10.54783/jin.v3i3.458

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 210– 220.

Asdiniah, E. N. A., & Dinie, A. D. (2021). Urgensi Merdeka Belajar: Tanggapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru. JPKN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 25–34.

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi, 1, 32–41.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning Loss During Covid-19: An Early Systematic Review. Prospects, 1–9. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2), 1–8.

Hazin, M., Hidayat, S., Tanjung, A. S., Syamwiel, A., & Hakim, A. (2021). Pendampingan Psikososial Dan Modul Pembelajaran Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Learning Loss. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 178–189. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.34

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change, Social Control, dan Iron Stock. Prosiding Seminar Nasioanal Dan Call For Paper, 1–6.

Kemdikbud. (2020). Literasi dan Numerasi Adalah Kompetensi yang Bersifat Mendasar. https://gtkdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-dan-numerasi-adalah- kompetensi-yang-bersifat-mendasar

Kemendikbud. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2021.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. https://www.neliti.com/id/publications/71420/kesulitan-siswa-sekolah-dasar-dalam- meningkatkan-kemampuan-literasi

Mahasiswa. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia [Daring]. Retrieved 27 Desember 2021, from https://kbbi.web.id/mahasiswa.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di SDN Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Collase: Creative of Learning Students Elementary Education, 4(3), 328–336. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/7140

Minardi. (2017). Menepis Ratu Adil Sebagai Ramalan dan Menghadirkan Ratu Adil Sebagai Wacana Kepemimpinan. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 79–104.

Moloeng, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Sejarah, 10(2), 1–15.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–10.

Nandaniati, W., Zakso, A., & Salim, I. (2018). Efektivitas Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2). 1-10.

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–153.

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional VS Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 85–94.

Widiyono, A., & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Sholihah, F. A., Ghozali, I. A. M., Hafidz, A. M. F. P., & Fariz, M. (2023). Aktualisasi Program Kampus Mengajar sebagai Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Tingkat Dasar di Indonesia. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 302–308. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19167