Pengembangan Perpustakaan sebagai Wadah Literasi dan Pemberdayaan Anak
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19242Keywords:
minat baca, perpustakaan, sumber belajarAbstract
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca adalah adanya pembiasaan dan terpenuhinya fasilitas untuk membaca. perpustakaan sekolah merupakan sarana penunjang keberhasilan pendidikan yang diharapkan bisa dioptimalkan perannya sesuai dengan tujuan awal dibuat. Namun kondisi yang terjadi justru peran perpustakaan sekolah masih jauh dari harapan. Perpustakaan sekolah belum dimanfaatkan secara baik. Hal ini bisa dilihat dari rendahnya minat baca dan kurangnya kesadaran bahwa belajar harus mencari sendiri informasi. Perpustakaan sekolah sebenarnya mempunyai posisi strategis sebagai pendukung, tempat mencari ilmu, taman bacaan dan mengembangkan potensi siswa agar lebih berkarakter. Tujuan dibangunnya perpustkakaan agar guru dan siswa dapat dapat berbagi mencari berbagai ilmu dan pengetahuan yang diperlukan, baik untuk kebutuhan kini maupun untuk akan datang. Salah satu sumber belajar penting adalah perpustakaan yang memungkinkan tenaga kependidikan dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan yang diperlukan. Program kegiatan ini dilaksanakan 1 bulan penuh meliputi observasi, analisis masalah, pembuatan sarana yang dibutuhkan. Adapun teknis pelaksanaanya dengan partisipasi langsung ke lembaga RA dengan sambutan yang ramah antusias dan semangat sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar.
References
Arsidi dkk. Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Tenaga Perpustakaan Sekolah di Jakarta, 2012.
Dzurrahmi, B., dkk. (2021). Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Desa Wisata Hijau Bilebante dalam Kelompok Belajar “Bale Cerdas”. Jurnal Pengabdian Magister IPA, 4(1):131-136. https://doi.org/10.293030/jpmpi.v3i2.606
Kusnadi, D., Fattah, N., Husaini, A., & Ruhenda, R. (2018). Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eko Setiawan, Uliya Rahmah, Afifah Roihana Azharudin, Nana Nafiri Latifah, Ngestin Nur Rohmah, Nur Laili Ulfa, Reza Anggita Nia, Aida Mustofa, Rizki Akbar Aqila, Anas Ulil Hikam, Muhammad Ahsan Rajab, Annisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.