Pengembangan Perpustakaan sebagai Wadah Literasi dan Pemberdayaan Anak

Authors

  • Eko Setiawan Universitas Islam Malang
  • Uliya Rahmah Universitas Islam Malang
  • Afifah Roihana Azharudin Universitas Islam Malang
  • Nana Nafiri Latifah Universitas Islam Malang
  • Ngestin Nur Rohmah Universitas Islam Malang
  • Nur Laili Ulfa Universitas Islam Malang
  • Reza Anggita Nia Universitas Islam Malang
  • Aida Mustofa Universitas Islam Malang
  • Rizki Akbar Aqila Universitas Islam Malang
  • Anas Ulil Hikam Universitas Islam Malang
  • Muhammad Ahsan Rajab Universitas Islam Malang
  • Annisa Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19242

Keywords:

minat baca, perpustakaan, sumber belajar

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca adalah adanya pembiasaan dan terpenuhinya fasilitas untuk membaca. perpustakaan sekolah merupakan sarana penunjang keberhasilan pendidikan yang diharapkan bisa dioptimalkan perannya sesuai dengan tujuan awal dibuat. Namun kondisi yang terjadi justru peran perpustakaan sekolah masih jauh dari harapan. Perpustakaan sekolah belum dimanfaatkan secara baik. Hal ini bisa dilihat dari rendahnya minat baca dan kurangnya kesadaran bahwa belajar harus mencari sendiri informasi. Perpustakaan sekolah sebenarnya mempunyai posisi strategis sebagai pendukung, tempat mencari ilmu, taman bacaan dan mengembangkan potensi siswa agar lebih berkarakter. Tujuan dibangunnya perpustkakaan agar guru dan siswa dapat dapat berbagi mencari berbagai ilmu dan pengetahuan yang diperlukan, baik untuk kebutuhan kini maupun untuk akan datang. Salah satu sumber belajar penting adalah perpustakaan yang memungkinkan tenaga kependidikan dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan yang diperlukan. Program kegiatan ini dilaksanakan 1 bulan penuh meliputi observasi, analisis masalah, pembuatan sarana yang dibutuhkan. Adapun teknis pelaksanaanya dengan partisipasi langsung ke lembaga RA dengan sambutan yang ramah antusias dan semangat sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan lancar.

References

Arsidi dkk. Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Tenaga Perpustakaan Sekolah di Jakarta, 2012.

Dzurrahmi, B., dkk. (2021). Pendampingan Pendidikan Non-Formal di Desa Wisata Hijau Bilebante dalam Kelompok Belajar “Bale Cerdas”. Jurnal Pengabdian Magister IPA, 4(1):131-136. https://doi.org/10.293030/jpmpi.v3i2.606

Kusnadi, D., Fattah, N., Husaini, A., & Ruhenda, R. (2018). Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Setiawan, E., Rahmah, U., Azharudin, A. R., Latifah, N. N., Rohmah, N. N., Ulfa, N. L., Nia, R. A., Mustofa, A., Aqila, R. A., Hikam, A. U., Rajab, M. A., & Annisa. (2023). Pengembangan Perpustakaan sebagai Wadah Literasi dan Pemberdayaan Anak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(3), 219–223. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19242