Pengaruh Budaya Sekolah dalam Membangun Karakter Siswa

Authors

  • Gilang Ramadan Kololikiye Universitas Islam Malang
  • Bagus Lupito Faqi Universitas Islam Malang
  • Fadilah Nur Laili Universitas Islam Malang
  • Farisa Rizky Safly Alfiansyah Universitas Islam Malang
  • Ichsanuddin Akbar A.S Universitas Islam Malang
  • Indah Nur Jannah Universitas Islam Malang
  • Ledys Juncia Prinanta Universitas Islam Malang
  • Muhammad Khairil Iswandi Universitas Islam Malang
  • Najmul Hidayat Universitas Islam Malang
  • Puguh Ayuningrum Maulidina Universitas Islam Malang
  • Risky Abidah El Anisa Universitas Islam Malang
  • Syafa Arabella Maheswari Putri Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19456

Keywords:

budaya sekolah, karakter

Abstract

Karakter merupakan suatu hal paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari oleh karenanya, penting bagi setiap peserta didik untuk dibiasakan dengan hal-hal positif. Adanya budaya atau kebiasaan dapat dengan sangat mudah mempengaruhi terciptanya karakter anak didik entah itu karakter positif maupun nagatif. Pendidikan berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dimana adanya kegiatan yang dilakukan dapat membantu peserta didik untuk membiasakan diri atau mempraktikkan segala ilmu yang didapatkan di sekolah. Tujuan Pengabdian ini adalah mendeskripsikan tentang pengaruh budaya sekolah dalam membangun karakter siswa. Pendidikan pertama tentunya didapatkan dari keluarga oleh karena itu, orang tua memiliki peran penting dalam membangun karakter anak didik melalui hal paling sederhana yaitu dengan menciptakan budaya atau kebiasaan yang positif sehingga anak didik mampu menangkap hak-hal yang positif melalui keluarga. Kemudian, setelah keluarga tempat berikutnya yaitu sekolah dimana budaya sekolah adalah nilai-nilai dominan yang didukung oleh sekolah atau falsafah yang menuntun kebijakan sekolah terhadap semua unsur dan komponen sekolah termasuk stakeholder pendidikan, seperti cara melaksanakan pekerjaan di sekolah serta asumsi atau kepercayaan dasar  yang dianut oleh personil sekolah. Oleh karena itu, adanya pendidikan dan budaya baik di keluarga maupun di sekolah menjadi suatu hal yang sangat penting dan paling mendasar dalam membangun karakter peserta didik.

References

Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran” Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763

Faruq, Aziz, M. F., & Ruhaena, L. (2022). Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749

Hariyati, N., Karwanto, Khamidi, A., & Rifqi, A. (2022). Pengembangan instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 33–44. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13605

Idris, S., & Za, T. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Media Kajian Bimbingan Konseling, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420

Kaimuddin, A., Maharani, R. S., Wibowo, R., Kurrohman, R., Septa, A., Arif, D. A., Aulia, R., Afifah, R. N., Putra, A. D., Anam, K. M., & Setiawan, F. W. (2021). Tingkatkan Mutu Pendidikan di Era Daring Covid-19 dengan Membentuk Rumah Belajar bagi Siswa SD. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 270–273. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13661

Maulana, I., & Nurhafizah. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 657–665. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.266

Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah: Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor. Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supraptiningrum, & Agustini. (2016). Building students character through culture school in. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 219–228. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8625

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Jurnal Cakrawala, 17(2), 207–215. https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2612

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Kololikiye, G. R., Faqi, B. L., Laili, F. N., Alfiansyah, F. R. S., Akbar A.S, I., Jannah, I. N., Prinanta, L. J., Iswandi, M. K., Hidayat, N., Maulidina, P. A., Anisa, R. A. E., & Putri, S. A. M. (2023). Pengaruh Budaya Sekolah dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 254–258. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19456