Implementasi Metode Ummi sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran

Authors

  • Ahmad Sufyan Zauri Universitas Islam Malang
  • Ayunda Serly Universitas Islam Malang
  • Alfian Fahmi Abdillah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19459

Keywords:

metode ummi, kemampuan membaca al-quran

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan berdasarkan adanya perbedaan kemampuan dalam membaca Al-Quran pada TPQ yang terletak di desa Ngroto. Keadaan sosial dan budaya yang ada pada suatu desa maupun pada lingkup yang lebih sederhana turut andil dalam pembentukan keagaaman setiap individu. Studi kasus pada dua dusun di desa Ngroto, Kabupaten Pujon menggambarkan bahwa setiap dusun memiliki tingkat spritual yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di TPQ Al-Hidayah. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran adalah metode UMMI. Implementasi metode UMMI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik pada dua TPQ di desa Ngroto. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan tersebut adalah pengajaran secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan yakni penggunaan metode UMMI dalam proses belajar dan melakukan pemantauan perkembangan kemampuan peserta didik melalui buku prestasi siswa.

References

Budiya, B., Jannah, R., Masruroh, S. A., Nurdiyanah, I., Destian, O. C., Pratiwi, Y. C., Mayansari, D. H. A., Ati, I. C., & Utaminingsih, W. T. (2021). Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Anak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(2), 147–150. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10652

Hanafi, Y., Anam, F. K., Sultoni, A., Thoriquttyas, T., Saefi, M., Diyana, T. N., & Ikhsan, M. A. (2022). Integrasi sekolah berbasis peace culture education: program, refleksi, dan implikasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 106–118. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13127

Rifa’i, A. (2018). Implementasi metode UMMI untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 85–104. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27

Solikhah, A. (2019). Implementasi Metode Kaisa Dalam Menghafal Juzamma Untuk Anak Usia Dini DI TK Darul Quran Al-Karim Karang Tengah Baturraden [IAIN Purwokerto]. https://repository.uinsaizu.ac.id/5370/

Taqwiem, A., & Kundrianingsih. (2021). Membangkitkan Semangat Belajar Agama Sejak Dini dan Melakukan Kegiatan Keagamaan Taman Pendidikian Al- Qur’an (TPQ). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 274–278. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13656

Yusuf, M. (2013). Membentuk Karakter melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 1–24. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/178

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Zauri, A. S., Serly, A., & Abdillah, A. F. (2023). Implementasi Metode Ummi sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 277–281. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19459