Implementasi Metode Ummi sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19459Keywords:
metode ummi, kemampuan membaca al-quranAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukan berdasarkan adanya perbedaan kemampuan dalam membaca Al-Quran pada TPQ yang terletak di desa Ngroto. Keadaan sosial dan budaya yang ada pada suatu desa maupun pada lingkup yang lebih sederhana turut andil dalam pembentukan keagaaman setiap individu. Studi kasus pada dua dusun di desa Ngroto, Kabupaten Pujon menggambarkan bahwa setiap dusun memiliki tingkat spritual yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di TPQ Al-Hidayah. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran adalah metode UMMI. Implementasi metode UMMI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik pada dua TPQ di desa Ngroto. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan tersebut adalah pengajaran secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan yakni penggunaan metode UMMI dalam proses belajar dan melakukan pemantauan perkembangan kemampuan peserta didik melalui buku prestasi siswa.
References
Budiya, B., Jannah, R., Masruroh, S. A., Nurdiyanah, I., Destian, O. C., Pratiwi, Y. C., Mayansari, D. H. A., Ati, I. C., & Utaminingsih, W. T. (2021). Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Anak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(2), 147–150. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10652
Hanafi, Y., Anam, F. K., Sultoni, A., Thoriquttyas, T., Saefi, M., Diyana, T. N., & Ikhsan, M. A. (2022). Integrasi sekolah berbasis peace culture education: program, refleksi, dan implikasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 106–118. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13127
Rifa’i, A. (2018). Implementasi metode UMMI untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 85–104. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27
Solikhah, A. (2019). Implementasi Metode Kaisa Dalam Menghafal Juzamma Untuk Anak Usia Dini DI TK Darul Quran Al-Karim Karang Tengah Baturraden [IAIN Purwokerto]. https://repository.uinsaizu.ac.id/5370/
Taqwiem, A., & Kundrianingsih. (2021). Membangkitkan Semangat Belajar Agama Sejak Dini dan Melakukan Kegiatan Keagamaan Taman Pendidikian Al- Qur’an (TPQ). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 274–278. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13656
Yusuf, M. (2013). Membentuk Karakter melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 1–24. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/178
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Sufyan Zauri, Ayunda Serly, Alfian Fahmi Abdillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.