Pengembangan UMKM melalui Pentingnya Sebuah Brand dan Mengoptimalkan Penjualan Online

Authors

  • Mohammad Rizal Universitas Islam Malang
  • Hanis Putri Kurnia Wati Universitas Islam Malang
  • Ahmad Ilyas Itsnaini Universitas Islam Malang
  • Efriza Fahmi Triyoga Universitas Islam Malang
  • Bayu Wicaksono Universitas Islam Malang
  • Firda Ediningsih Universitas Islam Malang
  • Habib Husnul Khuluq Universitas Islam Malang
  • Khoirul Anam Universitas Islam Malang
  • Khofifah Indria Novitasari Universitas Islam Malang
  • Mochammad Zainul Arifin Universitas Islam Malang
  • Rika Indriyati Universitas Islam Malang
  • Titin Kurniatin Universitas Islam Malang
  • Fajar Wahfiudin Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19465

Keywords:

UMKM, brand, penjualan online

Abstract

Desa Sumberpitu merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Tutur. Masyarakat Desa Sumberpitu memiliki mata pencaharian yang hampir merata di sektor wirausaha, pertanian, perkebunan, dan pertenakan. Adapun sebagian produk-produk yang dihasilkan yakni Susu dan kopi bubuk. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat yang berwirausaha berupa kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta akses untuk mempromosikan produk–produk tersebut menggunakan media social, sehingga mengakibatkan penjualan yang dilakukan oleh para wirausahawan kurang berkembang dan penghasilan masyarakat tidak bisa maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah daerah setempat dapat meningkatkan potensi wirausaha masyarakat Desa Sumberpitu melalui kebijakan mikro dan budaya, penyediaan fasilitas, memberikan pendidikan serta pembelajaran dan pengetahuan kepada masyarakat Desa Sumberpitu. Pemerintah daerah juga perlu dan harus memberikan perhatian lebih kepada para wirausahawan agar dapat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran sehingga dapat mengekspansi pasar lebih luas, tidak hanya di sekitar desa namun bisa ke luar daerah dan pada akhirnya akan membantu perekonomian masyarakat Desa sumberpitu.

References

Abimbola, T. (2001). Branding as a Competitive Strategy for Demand Management in SMEs. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.1108/14715200180001480

Ardiyanto, A. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Bastomi, M., & Musodikin, I. (2021). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Online Produk Batu Batako. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaa Masyarakat (JP2M), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10464

Davis, M. (2017). The Fundamentals of Branding. Bloomsbury Publishing.

Fakhriyyah, D. D., Sholihatun, & Afifah, Z. (2021). Sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dan penerapan pemasaran produk umkm melalui media sosial di era covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaa Masyarakat (JP2M), 2(4), 337–342. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13210

Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3). https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10103

Handayani, D. (2019). Implementasi peraturan tentang merek di Kelurahan Sambung Jawa Makassar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 139–149. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.4459

Kotler, P., & Keller, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks.

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102. https://doi.org/10.31943/investasi.v6i2.83

Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi digital marketing bagi pelaku umkm di desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 287–293. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569

Sari, J., Mildawati, T., Yahya, & Kurnia. (2022). Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 210–220. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13976

Sari, W. E., Yulianto, Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174

Yazirin, C., Zuhair, A. J., Aisyaturradiah, Chusna, A. U., Zuhrah, B., Pradana, D. A., Ismawati, Junaidi, Anjaliati, L., Basyar, M. K., Andriyani, N., & Mahmudah, W. R. (2022). Re-Branding Produk Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaa Masyarakat (JP2M), 3(1), 51–55. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16173

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Rizal, M., Wati, H. P. K., Itsnaini, A. I., Triyoga, E. F., Wicaksono, B., Ediningsih, F., Khuluq, H. H., Anam, K., Novitasari, K. I., Arifin, M. Z., Indriyati, R., Kurniatin, T., & Wahfiudin, F. (2023). Pengembangan UMKM melalui Pentingnya Sebuah Brand dan Mengoptimalkan Penjualan Online. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 297–301. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19465