Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Usaha Ternak Kambing Pedaging Unggul BoerPE

Authors

  • Inggit Kentjonowaty Universitas Islam Malang
  • Jeni Susyanti Universitas Islam Malang
  • Lia Nur Atiqoh Universitas Islam Malang
  • Slamet Muchsin Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19644

Keywords:

kambing boerPE, kesejahteraan keluarga, pedaging unggul

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kesejahteraan keluarga, memfasilitasi masyarakat yang ingin berwirausaha, dan mendorong perkembangan budaya pemanfaatan hasil riset dan kreativitas  Dosen Universitas Islam Malang untuk masyarakat. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan praktik pada karang taruna Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Praktek secara langsung mengenai beternak kambing BoerPE dan  pembuatan  pakan  complete  feed, sedangkan penyuluhan meliputi: pemeliharaan kambing BoerPE, pembuatan smart kandang kambing, pembuatan pakan complete  feed, kesehatan dan penyakit kambing, reproduksi kambing, dan kiat-kiat pemasaran online menggunakan sosial media seperti facebook, Instagram, whatsapp, dan marketplace.  Peningkatan kesejahteraan keluarga dilakukan dengan pemberian  kambing  BoerPE kepada mitra  karang taruna Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, pembuatan smart  kandang kambing, pemberian pakan, dan peralatan ternak. Kambing BoerPE memiliki keistimewaan sebagai pedaging unggul, sehingga masyarakat Desa Wringinanom dapat beternak kambing BoerPE. Penggunaan sistem bergulir   indukan kambing  BoerPE dari mitra PkM ke masyarakat Desa Wringinanom setelah melakukan pemeliharaan selama dua tahun atau tiga kali beranak. Secara ekonomi keuntungan pemeliharaan kambing BoerPE lebih tinggi dibandingkan dengan kambing lokal, sehingga keberlanjutan usaha pada peternak kambing BoerPE dan masyarakat akan meningkatkan kesejahteraan keluarga  dan menumbuhkan sikap mental wirausaha pada masyarakat Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

References

Aprilia, L., Cyrilla, L., & Burhanuddin, &. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce di PT X Analysis of E-Commerce Based Livestock Marketing Strategies at PT X. Oktober, 06(3), 121–129.

Askandar, N. S., & Susyanti, J. (2018). Wirausaha saja! : menjadi pribadi mandiri dimulai dari usaha sendiri (Alwi Kosasih (ed.)). Esensi Erlangga Group.

Dewi, R., & Wardoyo, I. (2018). Keunggulan Relatif Kambing Persilangan Boer Dan Kacang. Jurnal Ternak, 9(1), 13. https://doi.org/10.30736/ternak.v9i1.26

Farid, Kentjonowaty, Mudawamah, Jaya, D. (2017). Pengembangan Model Crossbreed Kambing Unggul dan Evaluasi Produksi, Reproduksi New Breed Sebagai New Stocks Breeding Centre Tahun I.

Farid, Kentjonowaty, Susilowati, Jaya, D. (2019). Pengembangan Model Crossbreed Kambing Unggul dan Evaluasi Produksi, Reproduksi New Breed Sebagai New Stocks Breeding Centre Tahun III.

Humaidah, N., Suryanto, D., & Kentjonowaty, I. (2020). BoerPE Goat Blood Profile as Indicators of Crossbreeding Resistance. Jurnal Ternak, 11(2). https://doi.org/10.30736/jt.v11i2.76

I. U. N. Ilmi, B. T. E. dan A. S. (2014). Penggunaan Internet Pada Usaha Peternakan Rakyat: Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Kambing Barokah Gunungpati Dan Peternakan Kelinci Hias Meteseh Kota Semarang. Animal Agriculture Journal, 2(1), 1–10.

Kentjonowaty, Wadjdi, dan S. (2021). Kambing BoerPE. (Patent No. Sertifikat Meret IDM000856566.). Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Maesya, A., & Rusdiana, S. (2018). Prospek Pengembangan Usaha Ternak Kambing dan Memacu Peningkatan Ekonomi Peternak. Agriekonomika, 7(2), 135. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v7i2.4459

Rusdiana, S., & Sutedi, E. (2016). Analisis Ekonomi Usaha Tanaman Pangan dan Kambing Kosta di Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, Banten. Buletin Peternakan, 40(3), 228. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v40i3.12815

Susyanti, J. (2020). Development Strategy of Startupreneur for Creative Economic Business Activities to Improve Local Tourism. 115(27), 422–429.

Susyanti, J., & Helmi, Y. (2019). EKONOMI KREATIF BERBASIS STRATEGI DIGITAL MARKETING (1st ed.).

Wajo, M. J., Pakage, S., & Anjelus, D. (2020). POTENSI PENGEMBANGAN TERNAK KAMBING POTENTIAL DEVELOPMENT of GOAT. 1(2), 71–80.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Kentjonowaty, I., Susyanti, J., Atiqoh, L. N., & Muchsin, S. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Usaha Ternak Kambing Pedaging Unggul BoerPE. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 314–322. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19644