Inovasi Produk Olahan Kopi Sebagai Produk Unggulan Desa Guna Mendukung Program Desa Sejahtera Mandiri

Arini Fitria Mustapita

Abstract


Kemajuan dan kemakmuran desa ditentukan oleh usaha penduduk desa selain tata geografinya. Desa yang memiliki banyak sumber daya alam tetapi penduduknya tidak cukup mempunyai keterampilan, Desa Jambangan merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Dampit terkenal sebagai salah satu penghasil kopi di wilayah Malang selatan. Mayoritas petani desa Jambangan juga belum memiliki keterampilan, pengetahuan, dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan usahanya. Sumber informasi yang digunakan selama proses pengabdian diperoleh dari para pelaku (actors)/informan. Teknik yang digunakan dalam memilih informan sampling adalah dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data, baik itu data di lapangan (data primer) maupun data sekunder. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian ditabulasi secara sederhana. Setelah ditabulasi maka data-data tersebut dianalisis sesuai dengan metode analisis data yang sesuai. Berbagai macam kopi tertanam di desa Jambangan terhitung ada 20 macam kopi ditanam ditanah desa Jambangan dan yang paling terkenal adalah kopi lanang yang rasanya lebih keras dari kopi yang lain. Ada beberapa organisasi yang mewadahi para petani di desa Jambangan yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan kelompok tani, dua wadah tersebut merupakan bentuk paguyuban yang ada di desa Jambangan dimana difungsikan sebagai wadah petani kopi untuk memberikan keluhan dan masukan demi kemajuan petani kopi. Di Desa Jambangan belum semua masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Dengan masalah ini desa harus memberi pelatihan tentang teknologi yang sudah modern. Sehingga masyarakat Desa Jambangan mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin.

Keywords


inovasi; kopi; desa sejahtera mandiri.

Full Text:

PDF

References


https://portal-ilmu.com/pengertian-potensi-desa/

http://www.ssbelajar.net/2012/12/potensi-desa-dan-perkembangan-desa-kota.html?m=1

http://desa-Jambangan.malangkab.go.id/read/detail/910/sejarah-berdirinya-desa-Jambangan.html

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/25318/BUDIDAYA-KOPI-ROBUSTA-Coffea-canephora-DI-PT-PERKEBUNAN-NUSANTARA-IX-persero-Jl-Mugas-Dalam-Atas-Semarang-JAWA-TENGAH


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.