Menggali Potensi Sumber Daya Alam Menjadi Kawasan Pariwisata Guna Meningkatkan Pendapatan Desa

Ahmad Siboy

Abstract


Desa Jambangan mempunyai banyak potensi alam salah satunya wisata air yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Sumber bantal merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat desa Jambangan, air yang mengalir ke rumah warga bersumber dari sumber bantal. Sumber bantal pada tahun 1980-an pernah menjadi tempat wisata bagi masyarakat desa Jambangan dan sekitarnya, tentunya karena sumber bantal dikelola dan dirawat dengan baik oleh penduduk sekitar, sehingga menjadikan sumber bantal. dijadikan tempat wisata yang menyenangkan. Teknik observasi atau pengamatan yang digunakan penulis untuk memperoleh gambaran yang tepat mengenai perilaku pemerintah dan masyarakat serta situasi-situasi yang berkaitan dengan topik di lokasi. Obyek wisata air sumber bantal menjadi potensi utama di desa Jambangan dengan suasana yang masih asri dan sejuk. Keindahan tersebut dapat dilihat dari pemandangan yang tercipta secara alami, tekstur tanah, dan kemurnian air. Jadi obyek wisata air sumber bantal ini sangat cocok sekali untuk para wisatawan baik anak muda atau yang sudah berkeluarga, baik wisatawan domestik maupun non-domestik. Wisata air sumber bantal memiliki potensi yang cukup besar sebagai tempat tujuan wisata. Untuk dapat mengembangkan obyek wisata air sumber bantal ini pemerintah desa Jambangan harus bekerjasama dan gotong royong dengan warga sekitar, memperbaiki fasilitas-fasilitas yang telah ada di obyek wisata air sumber bantal. Seperti menambah spot-spot foto yang menarik. Upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata air sumber bantal salah satunya adalah dengan menggunakan sistem promosi melalui media sosial seperti instagram, facebook, whatapps, dan aplikasi sosial media lainnya.

Keywords


jambanagan; desa wisata; sumber bantal.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim.

Rio Nur Desnanto. 2013. “Analisis Potensi Wisata Alam untuk Pengembangan Wisata di Kabupaten Karanganyar”. http://eprints.ums.ac.id/25205/13/08_Artikel_Ilmiah.pdf, diakses pada tanggal 6 Maret 2019 pukul 10.05.

J.S. Badudu. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran (terjemahan Philip, Kotler, Amstrong). Jakarta: Erlangga.

Lamb, Hair, McDaniel. 2001. Pemasaran (terjemahan David Oktarevia). Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) terindeks oleh:

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.