Sosialisasi Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong guna Meningkatkan Jumlah Populasi, Kualitas dan Nilai Jual

Authors

  • Sama’ Iradat Tito Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang
  • Della Aljanna Savita Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.6505

Keywords:

manajemen pemeliharaan, sapi potong, sipring, sosialisasi

Abstract

Desa pagelaran merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Pagelaran yang memiliki beberapa dusun antara lain: dusun Sipring, dusun Krajan, dusun Sumbergempol dan Dusun Mentaraman.Dusun Sipring merupakan dusun yang ada didesa pagelaran dimana tim KSM-T melakukan pengabdian didusun Sipring dan berfokus antara RT 1-4. Didusun Sipring mayoritas masyarakat berprofesi sebagai peternak dan petani. Masyarakat RT 1-4 memiliki ternak kebanyakan sapi potong yang berjumlah 95 ekor sapi potong. Populasi tersebut terbagi atas sapi dara, pedet dan indukan sapi potong, sapi potong berjenis peranakan Limousin dengan sapi PO dan peranakan sapi PO dengan simental. Tetapi kebanyakan masyarakat tersebut belum banyak mengerti akan manajemen pemeliharaan sapi potong. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan sedikit pengetahuan untuk masyarakat guna memperbaiki nilai kualitas sapi potong tersebut yang nantinya akan dijual dipasaran dengan harga sebanding dengan kualitas tersebut. Ada 10% masyarakat yang belum paham mengenai beberapa materi yang diberikan, 27% paham dengan penyampaian materi dan 63% masyarakat mampu memahami daripada materi yang diberikan. Jadi kegiatan ini dikatakan cukup berhasil karena lebih dari 50 persen masyarakat mampu menerima materi dengan baik.

References

Blakely, J., & Bade, D. H. (1994). Ilmu Peternakan Cetakan Ke-4. Yogyakarta: UGM Press.

Fikar, & Ruhyadi. (2010). Buku Pintar Dan Bisnis Ternak Sapi Potong. Jakarta: Agromedia Pusat.

Hardjosubroto, W. (1994). Aplikasi Pemulih biakan Ternak Dilapangan. Jakarta: Grasindo.

Soeparno. (1992). Imu dan Teknologi Daging. Yogyakarta: UGM Press.

Syamsul , F., & Ruhyadi, D. (2012). Bisnis Penggemukan Sapi PT. Agromedia Pustaka. Jakarta Thomas , V.M .1991. Beef Cattle Production. Wafell and Press Montana University.USA. Jakarta: Jakarta Thomas.

Nuryadi , S., & Wahyuningsih. (2011). Penampilan produksi Sapi Peranakan Ongole dan Peranakan Limousin di Kabupaten Malang. Jurnal Ternak Tropika, 12 (1) : 76–81 PSPK.

Sodiq, A., Suwarno, S., Fauziyah,, F. R., & Wakhidati. (2017). Sistem produksi peternakan sapi potong di pedesaan dan strategi pengembangannya. Jurnal Agripet, 17(1), 60-66.

Syafrizal. (2011). Keragaman Genetik Sapi Persilangan Simmental di Sumatra Barat. Jurnal Embrio, Vol.4 , (1): 48-58.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Tito, S. I., & Savita, D. A. (2021). Sosialisasi Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong guna Meningkatkan Jumlah Populasi, Kualitas dan Nilai Jual. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 320–326. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.6505